Alat Tes Kolesterol (Cara Penggunaan)

Alat tes kolesterol merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi kadar kolesterol di dalam darah. Kadar kolesterol di dalam darah dikatakan normal apabila memiliki nilai di bawah  200 mg/dL . Apabila nilai kadar kolesterol di atas  200 mg/dL  maka akan sangat berisiko terhadap serangan jantung. Namun,  kadar kolesterol 150 sampai dengan 200 mg/dL  juga memiliki risiko sebesar 35% terhadap serangan jantung  sehingga  idealnya kolesterol normal memiliki nilai 100 sampai dengan 150 mg/dL . Dengan memiliki nilai kadar kolesterol 100 sampai dengan 150 mg/dL  maka risiko terhadap serangan jantung akan rendah.



alat tes kolesterol
Alat Cek Kolesterol Merek Nesco



Biasanya kadar kolesterol dengan nilai 100 sampai dengan 150 mg/dL  dimiliki oleh vegetarian. Orang vegetarian yang hanya memakan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan akan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan gangguan pembuluh darah akibat kolesterol tinggi. Maka dari itu, penting usaha mengontrol kadar kolesterol dengan mengatur pola makan dan memantau kadar kolesterol dengan menggunakan alat tes kolesterol.

Cara Menggunakan Alat Tes Kolesterol

Zaman sekarang, kita tidak perlu pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol. Pemeriksaan kadar kolesterol kini dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan alat tes kolesterol. Alat tes kolesterol yang digunakan cukup sederhana dan sangat mudah untuk digunakan. Satu set alat ini terdiri dari mesin pengukur kadar kolesterol, strip tes kolesterol, lancet dan autoclick. Untuk menggunakannya, pertama kita nyalakan mesin pengukur kadar kolesterol, kemudian kita bersihkan ujung jari yang akan di ambil darahnya dengan menggunakan kapas alkohol. Lalu masukan lancet ke dalam autoclick dan tusukkan ke ujung jari hingga darah keluar dari ujung jari. Usap dengan tisu darah yang pertama kali keluar dari ujung jari. Setelah itu, ambil sampel darah yang keluar kedua dan letakkan pada belakang strip tes kolesterol. Setelah itu masukkan strip test kolesterol pada mesin pengukur kadar kolesterol dan tunggu beberapa detik hingga mesin menunjukkan angka. Angka yang ditunjukkan oleh mesin pengukur merupakan hasil dari pengukuran kadar kolesterol dalam darah.

Cara menggunakan alat tes kolesterol ini cukup mudah dan hasil pengukuran yang dihasilkan pun cukup akurat. Hanya terdapat sedikit perbedaan dari pengukuran kadar kolesterol yang dilakukan di laboratorium. Namun, hal ini menjadi salah satu solusi dalam menghemat waktu dan biaya dalam melakukan pengukuran kadar kolesterol. Kadar kolesterol di dalam darah diharapkan berada di bawah  200 mg/dL karena kadar tersebut merupakan kadar normal dari kolesterol dalam darah. Tentunya, kadar kolesterol yang rendah akan memperkecil kemungkinan kita untuk mengalami penyakit yang diakibatkan oleh kadar kolesterol tinggi seperti penyakit jantung.

Maka dari itu, kita harus senantiasa secara berkala memantau kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu kita juga harus mengatur asupan makanan guna menghindari diri dari penyakit yang disebabkan oleh karena kolesterol yang tinggi. Sebaiknya kita menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti jeroan, daging merah, dan sebagainya. Makanan tersebut bereaksi cepat menaikkan kadar kolesterol di dalam darah.

Sebaliknya kita perlu mengonsumsi sayuran guna menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Sayuran hijau terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah  sehingga  tak jarang orang yang hanya mengonsumsi makanan berasal dari tumbuhan atau vegetarian memiliki kadar kolesterol yang ideal. Hal ini membuat mereka terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh kadar kolesterol tinggi.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: tokoalkes.com, hariansehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :