Ukuran Gula Darah Normal

Ukuran gula darah normal akan menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda. Ukuran gula darah normal tersebut di dasarkan pada jenis pemeriksaan yang dilakukan. Misalnya saja pemeriksaan gula darah puasa dengan pemeriksaan gula darah sewaktu akan menghasilkan ukuran gula darah normal yang berbeda. Namun bila dilihat dari perbandingan hasil batasan dari kadar normal gula darah yang ditetapkan, dapat disimpulkan bila pemeriksaan dilakukan pada saat setelah jam makan maka batasan penentuan kadar gula darah normalnya akan lebih tinggi dibandingkan dengan pemeriksaan yang dilakukan jauh dari jam makan.

Ukuran gula darah normal umumnya ditetapkan pada setiap kondisi dari pemeriksaan yang dilakukan. Umumnya apabila diambil rata-rata ukuran gula darah normal memiliki nilai dibawah 200 gr/dl. Apabila nilai dari kadar gula darah yang di dapat melebihi kadara tersebut maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut mengalami hiperglikemia. Hiperglikemia mengindikasikan seseorang untuk terkena penyakit gula darah tinggi atau penyakit diabetes mellitus.



Ukuran Gula Darah Normal
Strip tes gula darah nesco

Ukuran Gula Darah Normal pada Pemeriksaan Gula Darah

Penentuan normal tidaknya kadar gula darah yang kita miliki sebaiknya dilakukan dengan pengecekkan kadar gula darah. Pengecekkan kadar gula darah pada umumnya dilakukan dengan teknik pengambilan sampel darah dan dilakukan dengan cara pemeriksaan yang sama. Namun, terkadang waktu pengambilan sampelnya antara pasien yang satu dengan yang lainnya dapat berbeda, sesuai dengan kondisi pasien tersebut. Sehingga batasan normal dari setiap jenis pemeriksaan kadar gula darah pun akan berbeda.

Ukuran gula darah normal pada setiap jenis pemeriksaan gula darah yang dilakukan akan berbeda. Penetapan batasan ukuran gula darah normal sesungguhnya disesuaikan dengan jenis pemeriksaan gula darah yang dilakukan. Berikut terdapat beberapa ukuran gula darah normal berdasarkan jenis pemeriksaan gula darah yang dilakukan ialah sebagai berikut :

  • Pemeriksaan gula darah sewaktu
Untuk jenis pemeriksaan gula darah sewaktu, nilai normal dari kadar gula darah pada pasien yang melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini memiliki nilai 70 sampai dengan 200 mg/dl. Jadi dapat dikatakan normal, apabila pasien yang melakukan pemeriksaan gula darah sewaktu memiliki nilai kadar gula darahnya antara 70 sampai dengan 200 mg/dl.
  • Pemeriksaan gula darah puasa
Untuk jenis pemeriksaan gula darah puasa, nilai normal dari kadar gula darah pada pasien yang melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini memiliki nilai 70 sampai dengan 100 mg/dl. Jadi dapat dikatakan normal, apabila pasien yang melakukan pemeriksaan gula darah puasa memiliki nilai kadar gula darahnya antara 70 sampai dengan 100 mg/dl.
  • Pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan
Untuk jenis pemeriksaan gula darah ini, nilai normal dari kadar gula darah pada pasien yang melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini memiliki nilai kurang dari 140 mg/dl. Jadi dapat dikatakan normal, apabila pasien yang melakukan pemeriksaan gula darah ini memiliki nilai kadar gula darahnya dibawah 140 mg/dl.

Pada setiap jenis pemeriksaan gula darah memiliki nilai normal yang berbeda karena kondisi saat pengambilan sampel untuk pengukuran gula darah tersebut. Misalnya saja pada pengukuran gula darah sewaktu. Pengukuran kadar gula darah sewaktu ini di ambil di luar 2 jam makan dan di luar puasa. Sedangkan untuk pengukuran kadar gula darah 2 jam makan diambil setelah pasien tersebut makan dan dibiarkan selama 2 jam, baru diambil sam pel darahnya. Dan untuk pengukuran kadar gula darah puasa diambil setelah pasien melakukan puasa minimal selama 8 jam.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • mediskus.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :