Tes Gula Darah

Tes gula darah pada umumnya menggunakan sampel darah untuk diperiksa kadar gula darahnya. Tes gula darah ini biasanya dilakukan untuk mendeteksi penyakit diabetes mellitus atau gula darah tinggi. Melakukan tes gula darah merupakan hal yang dilakukan apabila terdapat tanda gejala dari penyakit diabetes mellitus atau gula darah tinggi. Misalnya saja terdapat luka yang sulit sembuh, sering buang air kecil, sering merasa lapar dan haus, serta lain sebagainya. Dari situ orang yang merasakan gejala tersebut akan melakukan pemeriksaan pada dokter dan dokter akan manganjurkan kepada orang tersebut untuk melakukan tes gula darah.

Tes gula darah dapat dilakukan pada pasien dengan kondisi tertentu. Misalnya saja pada kondisi setelah 2 jam pasien makan, setelah pasien berpuasa selama minimal 8 jam, dan diluar dari kedua keadaan tersebut. Penetapan kategori gula darahnya normal atau tidak bergantung pada hasil yang dihasilkan dari pemeriksaan gula darah tersebut. Biasanya batasan kadar gula darah normal dari setiap jenis pemeriksaan gula darah akan berbeda. Hal ini didasarkan pada waktu pengambilan sampel untuk melakukan tes gula darah.


Tes Gula Darah
Alat tes gula darah easy touch GCU

Strip tes gula darah easy touch GCU


Pada pemeriksaan gula darah sewaktu, nilai normal dari kadar gula darah pada pasien yang melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini memiliki nilai 70 sampai dengan 200 mg/dl. Pada pemeriksaan gula darah puasa, nilai normal dari kadar gula darah pada pasien yang melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini memiliki nilai 70 sampai dengan 100 mg/dl. Pada pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan, nilai normal dari kadar gula darah pada pasien yang melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini memiliki nilai kurang dari 140 mg/dl. Apabila dari hasil pemeriksaan gula darah tersebut di dapatkan hasil melebihi nilai kadar gula darah yang normal maka dapat disimpulkan bahwa pasien tersebut mengalami hiperglikemi atau diabetes mellitus atau penyakit gula darah tinggi.

Alat Tes Gula Darah

Berbagai macam alat tes dari berbagai merk yang ditawarkan untuk digunakan dalam pemeriksaan gula darah. Alat tes gula darah tersebut tergolong ke dalam alat yang bersifat modern. Pasalnya alat ini dapat memberikan hasil pengukuran gula darah dalam bentuk angka tanpa harus menghitung terlebih dahulu. Hasil pengukuran gula darah akan keluar setelah sampel pada stik alat cek gula darah dimasukkan ke dalam alat pengukur gula darah. Hanya membutuhkan waktu beberpa detik, hasil pengukuran dari kadar gula darah pun akan keluar daru layar monitor alat.

Alat tes dari gula darah yang baik pada umumnya dipilih agar dapat menghasilkan hasil yang akurat. Alat tes dari gula darah yang baik memiliki kategori cepat dalam menampilkan hasil pengukuran, mudah untuk digunakan, harga cukup terjangkau dan memiliki garansi dalam waktu yang cukup lama. Maka alat ukur gula darah dengan kategori tersebut biasanya menjadi alat gula darah yang paling banyak di cari dan digunakan dalam pengukuran gula darah.

Alat untuk mengukur gula darah ini tentunya memiliki kualitas yang baik apabila tahan lama atau awet. Walaupun sering digunakan, asal pemeliharaan alat tersebut dilakukan dengan benar, alat akan tahan lama atau tidak mudah rusak. Adapun apabila kerusakan dapat terjadi di luar kesalahan dari pemeliharaan alat, maka biasanya produsen akan menawarkan garansi terhadap kerusakan alat tersebut. Hal inilah yang membuat suatu merk alat pengukuran gula darah menjadi alat pengukur gula darah yang favorit untuk digunakan.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • tokoalkes.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :