Tanda Gula Darah Tinggi

Tanda gula darah tinggi paling sering berkaitan dengan penyakit diabetes mellitus. Karena pada umumnya adanya tanda gula darah tinggi menjadi salah satu tanda gejala dari penyakit diabetes mellitus. Dikatakan sebagai gula darah tinggi apabila kadar gula darah yang dimiliki melebihi nilai kadar gula darah normal. Pada umumnya nilai gula darah normal ialah diatas 200 mg/dl. Tanda gula darah tinggi ini sebenarnya merupakan bagian dari tanda gejala penyakit diabetes mellitus. Sehingga adanya gula darah tinggi dapat ditandai dengan gejala seperti adanya rasa haus dan lapar, sering buang air kecil dan lain sebagainya.



Tanda Gula Darah Tinggi
Strip tes gula darah nesco

Tetapi pada gula darah tinggi tahap awal biasanya gejala tidak akan begitu dapat dirasakan ataupun dikeluhkan oleh penderita. Tidak ada gejala khusus yang mengarah pada adanya tanda gula darah tinggi. Pada tahap awal penderita gula darah tinggi tidak akan mengeluhkan apapun. Mereka merasa bahwa di dalam dirinya tidak terjadi apa-apa, padahal bila dilakukan pemeriksaan kadar gula darah, kadar gula darahnya tergolong tinggi. Namun semakin lama baru akan muncul tanda gula darah tinggi yang mungkin akan mengarah pada penyakit diabetes mellitus.


Tanda Gula Darah Tinggi (Hiperglikemi)

Tanda gula darah tinggi yang sudah lama di derita seseorang biasanya akan menimbulkan tanda gejala seperti mudah lapar, sering haus, sering buang air kecil, penglihatan kabur, sering merasa lelah tanpa sebab, kenaikan berat badan, penyembuhan luka yang buruk (luka, goresan, dan lain-lain), mulut kering, kulit kering atau gatal, kesemutan di kaki atau tumit, disfungsi ereksi, infeksi berulang, infeksi telinga luar, aritmia jantung, pingsan, koma, dan kejang.

Untuk tanda gula darah tinggi atau hiperglikemi yang terakhir merupakan tanda gejala yang paling berbahaya terjadi dan merupakan tanda gejala gula darah tinggi yang sudah bersifat kronik. Namun setiap tanda gula darah tinggi yang terjadi sebaiknya diwaspadai agar tidak berkembang menjadi penyakit diabetes mellitus.

Penyakit diabetes mellitus itu sendiri memiliki gejala yang sama seperti gejala gula darah tinggi. Selain itu penyakit diabetes mellitus juga dapat ditandai dengan adanya gejala seperti mudah lapar, sering haus, sering buang air kecil, penglihatan kabur, sering merasa lelah tanpa sebab, kenaikan berat badan, penyembuhan luka yang buruk (luka, goresan, dan lain-lain), mulut kering, kulit kering atau gatal, kesemutan di kaki atau tumit, disfungsi ereksi, infeksi berulang, infeksi telinga luar, aritmia jantung, pingsan, koma, dan kejang.

Untuk mencegah agar gejala dari gula darah tinggi tersebut tidak muncul, maka yang harus dilakukan pun ialah langkah agar kadar gula darah dalam tubuh tidak tinggi. Kadar gula darah yang berada dalam batas normal, tidak akan mungkin merasakan gejala dari kadar gula darah tinggi. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kadar gula darah agar tidak tinggi dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat.

Dalam pola hidup sehat, banyak sekali yang harus dilakukan agar kita dapat mencegah kadar gula dalam tubuh kita tidak meningkat. Salah satu cara yang termasuk ke dalam pola hidup sehat dan dapat mengontrol kadar gula darah agar tidak naik ialah dengan menjaga pola makan. Memilih jenis makanan yang tidak mengandung gula dan kalori yang tinggi menjadi salah satu cara untuk mencegah kadar gula darah dalam tubuh agar tidak meningkat. Maka dari itu marilah kita menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari agar kadar gula darah dalam tubuh kita tidak meningkat.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • penyakitdiabetes.org





Terima kasih untuk Like/comment FB :