Tanaman Obat Gula Darah

Tanaman obat gula darah merupakan tanaman herbal yang berkhasiat untuk dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit gula atau diabetes mellitus. Tanaman obat gula darah ini juga telah diteliti oleh beberapa pakar ahli dalam bidangnya dan terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit gula darah. Salah satu tanaman yang sudah diteliti dan telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit gula darah ialah daun salam.



Tanaman Obat Gula Darah
Alat tes gula darah Gluco Dr

Strip tes gula darah Gluco Dr


Tanaman obat gula darah seperti daun salam ini dapat dijadikan sebagai obat tradisional atau herbal yang digunakan untuk mengobati penyakit gula darah tinggi. Daun salam mengandung senyawa seperti minyak atsiri, flavanoid, dan tannin yang dapat berpengaruh terhadap penurunan kadar gula darah di dalam tubuh. Biasanya daun salam ini diolah terlebih dahulu menjadi air rebusan daun salam. Kemudian air rebusan tersebut diminum setiap harinya secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.


Tanaman Obat Gula Darah Tinggi 

Selain tanaman obat darah tinggi yang berasal dari daun salam, masih terdapat tanaman lainnya yang dapat digunakan sebagai tanaman obat gula darah tinggi. Tanaman tersebut diantaranya ialah tanaman daun insulin, tanaman buah mengkudu, tanaman kunyit dan tanaman mahkota dewa. Tanaman daun insulin sesuai dengan namanya dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara membantu memproduksi insulin. Tanaman daun insulin ini menjadi tanaman obat gula darah tinggi. Tanaman ini memiliki nama lain yaitu Rondo Semoyo, kembang bulan, kayu paik, kipait dan harsaga. Sedangkan nama ilmiahnya disebut dengan Tithonia Diversifolia. Sebenarnya tanaman daun insulin ini berasal dari negara Meksiko. Cara membuat tanaman obat gula darah ini ialah dengan cara direbus. Lalu air rebusan dari tanaman daun insulin tersebut diminum setiap hari sebanyak 3 kali.

Selanjutnya tanaman obat gula darah tinggi yang lainnya ialah buah mengkudu. Pada buah mengkudu itu sendiri mengan proxeroni yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit gula. Zat ini berkerja dengan cara membentuk alkaloid yang dapat membuka pori-pori sel sehingga memudahkan nutrisi untuk menyerap ke dalam tubuh. Membuat tanaman obat gula darah tinggi dari mengkudu ini sangatlah mudah. Yaitu dnegan memblender satu buah mengkudu kemudian disaring dan diambil sari buahnya. Kemudian sari buah tersebut dimasukkan ke dalam gelas lalu diminum. Agar mendapatkan hasil yang optimal maka air perasan dari buah mengkudu tersebut diminum setiap hari.

Selanjutnya terdapat tanaman kunyit yang dapat dijadikan sebagi tanaman obat gula darah tinggi. Tanaman kunyit ini mampu menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita penyakit gula. Cara mengolah kunyit tersebut dilakukan dengan mengambil sebuah rimpang kunyit, lalu cuci bersih. Tambahkan ke dalam rimpang kunyit tersebut satu sendok teh garam kemudian rebus dengan 1 liter air. Biarkan sampai mendidih. Setelah air rebusan kunyit tersebut mendidih, biarkan dingin terlebih dahulu. Setelah dingin air tersebut diminum namun cukup hanya setengah gelas saja. Air rebusan dari kunyit ini akan memberikan hasil yang optimal apabila diminum secara teratur yaitu sebanyak dua kali dalam satu minggu.

Selain itu terdapat tanaman mahkota dewa yang dapat dijadikan sebagai tanaman obat gula darah tinggi. Cara membuat obat dari tanaman ini ialah dengan mengambil 3 sampai 5 tangkai mahkota dewa. Kemudian ditambahkan 3 lembar daun slam dan cuci hingga bersih. Daun salam dan mahkota dewa tersebut direbus dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa setengah gelas air rebusan. Setelah itu minum air rebusan tersebut dalam keadaan hangat.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • nitips.com 
  • biofarmaka.ipb.ac.id





Terima kasih untuk Like/comment FB :