Standar Gula Darah

Standar gula darah yang dijadikan patokan untuk menentukan apakah kadar gula darah yang dimiliki seseorang termasuk kadar gula darah tinggi atau tidak ialah standar gula darah normal. Standar gula darah normal umumnya memiliki batasan yang berbeda bergantung pada jenis pemeriksaan gula darah yang dilakukan. Pada umumnya pemeriksaan kadar gula darah terdiri dari 3 macam. Diantaranya ialah kadar gula darah sewaktu, kadar gula darah puasa, dan kadar gula darah 2 jam setelah makan. Masing-masing batasan standar gula darah normal dari ketiga jenis pemeriksaan kadar gula darah tersebut berbeda satu sam lainnya.

Namun apabila diambil rata-rata, dari ketiga jenis pemeriksaan gula darah tersebut memiliki batasan kadar gula darah normal bila nilainya dibawah 200 mg/dl. Angka 200 mg/dl merupakan angka tertinggi batas normal dari ketiga jenis pemeriksaan kadar gula darah tersebut.


Standar Gula Darah
Alat cek gula darah accu check

Strip cek gula darah accu check


Standar Gula Darah Normal

Berdasarkan dari beberapa jenis pemeriksaan kadar gula darah yang dilakukan berikut batasan nilai standar gula darah normal dari masing-masing jenis pemeriksaan kadar gula darah yaitu :

  • Pemeriksaan kadar gula darah sewaktu
Pada pemeriksaan kadar gula darah ini batasan nilai standar gula darah yang dikatakan normal memiliki nilai 70 sampai dengan 200 mg/dl.
  • Pemeriksaan gula darah puasa
Pada pemeriksaan kadar gula darah ini batasan nilai standar gula darah yang dikatakan normal memiliki nilai 70 sampai dengan 100 mg/dl.
  • Pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan
Pada pemeriksaan kadar gula darah ini batasan nilai standar gula darah yang dikatakan normal memiliki nilai kurang dari 140 mg/dl.

Standar gula darah normal dari setiap jenis pemeriksaan kadar gula darah tersebut memiliki nilai yang berbeda. Namun nilai standar gula darah normal yang diambil merupakan nilai yang seharusnya tergolong kadar gula darah normal dalam masing-masing jenis pemeriksaan gula darah. Apabila dari hasil pengukuran kadar gula darah seseorang melebihi nilai standar gula darah normal dari suatu jenis pemeriksaan kadar gula darah maka dapat dipastikan bahwa orang tersebut mengalami hiperglikemi. Adanya hiperglikemi ini mengarah pada suatu penyakit yang dikenal dengan penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus.

Penyakit diabetes mellitus umumnya ditandai dengan kadar gula darah yang meningkat melebihi kadar gula darah normal. Penyakit diabetes mellitus juga di tadai dengan gejala lain seperti sering merasa haus dan lapar, sering buang air kecil, dan lain sebagainya. Penyakit diabetes mellitus ini dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam hal pengaturan asupan makanan. Pengaturan asupan makanan yang mengandung gula dan kalori yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh harus sebisa mungkin dapat dihindari.

Makanan yang mengandung gula dan kalori yang tinggi diantaranya ialah kopi yang mangandung krimer, kue-kue, minuman yang mengandung pemanis buatan, dan lain sebagainya. Makanan-makanan ini telah terbukti dapat meningkatkan kadar gula darah yang berpotensi menyebabkan penyakit diabetes mellitus. Tentunya penyakit ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan penyakit ini dapat merusak fungsi organ yang ada di dalam tubuh. Misalnya saja organ pankreas dan hati. Maka dari itu kita cegah agar kadar gula darh dalam tubuh kita tidak meningkat dan tetap berada pada nilai standar gula darah normal. Dengan demikian kita dapat terhindar dari salah satu penyakit yang berbahaya seperti penyakit diabetes mellitus atau penyakit gula darah tinggi.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • kadarguladarahnormal.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :