Penyebab Gula Darah Tinggi

Penyebab gula darah tinggi dapat terjadi oleh karena beberapa sebab. Diantaranya terdapat faktor keturunan untuk mengidap penyakit gula darah tinggi, pola hidup yang tidak sehat dan lain sebagainya. Namun penyebab yang utama yang sering menjadi faktor utama dan menjadi penyebab gula darah tinggi yang utama ialah pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang tidak sehat dan berkaitan erat dengan penyebab gula darah tinggi ialah pemilihan jenis makanan dan asupan makanan yang tidak sesuai. Makanan yang pada umumnya dapat menyebabkan gula darah tinggi ialah makanan yang berkarbohidrat tinggi.

Selain itu makanan yang mengandung kolesterol tinggi juga dapat menjadi faktor yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Makanan yang biasanya dapat membuat kadar gula darah meningkat contohnya ialah kopi, makanan yang mengandung pemanis buatan, dan lain sebagainya. Untuk itu menjaga pola makan menjadi suatu hal yang sangat penting dalam mencegah terjadinya penyakit akibat dari gula darah tinggi.


Penyebab Gula Darah Tinggi
Strip tes gula darah easy touch GCU

Hal-hal Penyebab Gula Darah Tinggi

Gula darah dalam tubuh berguna sebagai sumber tenaga dalam melakukan berbagai aktifitas. Namun apabila gula darah tersebut meningkat atau tinggi maka dapat menimbulkan berbagai penyakit yang dapat merusak atau menganggu fungsi dari berbagai organ yang ada di dalam tubuh. Berikut terdapat Hal-hal yang dapat menjadi penyebab gula darah tinggi diantaranya ialah :

  • Kebiasaan untuk tidak sarapan
Adanya kebiasaan untuk tidak melakukan sarapan atau melewatkan sarapan dapat meningkatkan kadar gula darah menjadi tinggi. Suatu penelitian yang dilakukan di Amerika mendapatkan bahwa pada wanita obesitas yang tidak melakukan sarapan memiliki kadar insulin dan kadar gula darah yang lebih tinggi setelah makan siang beberapa jam kemudian daripada wanita obesitas yang melakukan sarapan. Sedangkan pada pria yang tidak melakukan sarapan memiliki 21 % potensi untuk terkena penyakit diabetes mellitus.
  • Memakan makanan yang mengandung pemanis buatan
Makanan yang mengandung pemanis buatan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Dalam suatu penelitian menunjukkan bahwa tikus yang diberikan minuman yang mengandung pemanis buatan memiliki kadar gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan tikus yang hanya diberi dengan air putih. Bahkan hasil ini lebih tinggi dibandingkan dengan tikus yang diberi air gula. Pada penelitian ini juga diteliti cara menurunkan kadar gula darah tinggi pada hewan. Caranya ialah dengan memberikan antibiotik pada hewan tersebut. Terbukti dengan memberikan obat antibiotik pada hewan yang memiliki kadar gula darah yang tinggi dapat menurun. Pemberian antibiotik pada hewan yang mengkonsumsi pemanis buatan dapat mempengaruhi bakteri di usus hewan tersebut. Sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dalam hewan tersebut.
  • Makanan yang mengandung lemak
Sebuah studi menunjukkan bahwa makanan yang mengandung lemak dapat menjadi penyebab gula darah tinggi. Dari suatu penelitian menunjukkan bahwa pasien yang memakan makanan yang mengandung lemak kadar gula darah mereka 32% lebih tinggi dibandingkan saat tidak makan makanan yang mengandung lemak.
  • Meminum kopi
Kopi mengandung kafein yang dapat menjadi penyebab gula darah tinggi.
  • Infeksi
Infeksi karena penyakit terutama yang menyerang sistem kekebalan tubuh, dapat membuat terjadinya peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.
  • Merokok
Kebiasaan merokok memang kebiasaan yang tidak menyehatkan. Selain dapat meningkatkan kadar gula darah, kebiasaan ini juga dapat memicu terjadinya penyakit lain. Seperti penyakit yang menyerang organ jantung dan paru-paru.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti steroid, statin dan diuretik dapat meningkatkan kadar gula darah. Obat-obatan ini juga dapat menjadi penyebab gula darah tinggi.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • kompas.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :