Penyebab Gula Darah Naik

Penyebab gula darah naik pada umumnya disebabkan karena banyaknya asupan makanan atau minuman yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Gula darah yang naik tersebut menjadikan tubuh mengalami hiperglikemi. Apabila keadaan dari hiperglikemi ini menetap, maka dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes mellitus. Penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit yang terjadi akibat gula darah yang meningkat. Biasanya gula darah yang dimiliki oleh penderita penyakit diabetes ini lebih dari 200 mg/dl. Faktor utama yang menjadikan adanya penyakit ini ialah pola hidup yang tidak sehat.

Pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan tanpa memilah jenis dan porsinya kemungkinan dapat mendatangkan berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dapat terjadi ialah penyakit diabetes mellitus.


Penyebab Gula Darah Naik
Strip tes gula darah gluco Dr


Makanan Penyebab Gula Darah Naik

Makanan penyebab gula darah naik pada dasarnya ialah makanan yang mengandung karbohidrat dengan kualitas yang rendah. Selain itu makanan yang mengandung lemak atau kolesterol tinggi pun dapat menjadi penyebab gula darah naik. Salah satu contoh makanan penyebab gula darah naik ialah permen. Bukan hanya permen bahkan makanan lain seperti kue dan sirup pun dapat menjadi penyebab gula darah naik. Kenaikan yang terjadi akibat mengkosumsi makanan ini dapat terjadi secara drastis. Selain itu kenaikan kadar gula darah juga dapat diiringi dengan kenaikan berat badan. Pada permen, kue atau sirup biasanya mengandung pemanis buatan yang telah terbukti dapat menaikkan kadar gula darh dalam tubuh.

Makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Dalam suatu penelitian menunjukkan bahwa tikus yang diberikan minuman yang mengandung pemanis buatan memiliki kadar gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan tikus yang hanya diberi dengan air putih. Bahkan hasil ini lebih tinggi dibandingkan dengan tikus yang diberi air gula. Pada penelitian ini juga diteliti cara menurunkan kadar gula darah tinggi pada hewan. Caranya ialah dengan memberikan antibiotik pada hewan tersebut. Terbukti dengan memberikan obat antibiotik pada hewan yang memiliki kadar gula darah yang tinggi dapat menurun. Pemberian antibiotik pada hewan yang mengkonsumsi pemanis buatan dapat mempengaruhi bakteri di usus hewan tersebut. Sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dalam hewan tersebut.

Selain makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan terdapat makanan penyebab gula darah naik lainnya yaitu pancake. Pancake menjadi makanan yang dilarang untuk para penderita penyakit diabetes mellitus. Pasalnya pada pancake ini dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara drastis. Pancake itu sendiri pada umumnya dibuat dengan menggunakan tepung putih yang memiliki kualitas rendah. Selain itu biasanya pancake juga dibuat dari mentega yang mengandung lemak jenuh. Kedua bahan dalam pancake tersebut menjadikan pancake makanan yang yang dapat meningkatkan kadar gula darah yang tinggi.

Makanan seperti kentang gorang juga menjadi makanan penyebab gula darah naik. Makanan kentang goreng banyak sekal mengandung lemak. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan yang mengandung lemak selain dapat menyebabkan kolesterol dalam darah meningkat, juga dapat menjadi penyebab gula darah naik.

Maka dari itu sebaiknya kita menghindari makanan penyebab gula darah naik. Bila tidak, gula darah akan meningkat dan menyebabkan kita terkena penyakit diabetes mellitus. Selain menghindari makanan penyebab gula darah naik, kita juga harus melakukan olahraga rutin setiap hari selama 5 sampai 15 menit.



Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • nitips.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :