Penurun Gula Darah

Penurun gula darah yang efektif dilakukan dengan mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat. Selain itu penurun gula darah yang efektif juga dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan penurun gula darah. Dalam melakukan langkah untuk menurunkan kadar gula darah, perlu dilakukan pemantauan ketat terhadap kadar gula darah yang dimiliki. Pasalnya dalam melakuan penurunan kadar gula darah ini dapat membuat kadar gula darah di dalam tubuh menjadi rendah atau hipoglikemi. Hipoglikemi merupakan suatu keadaan dimana kadar gula darah dibawah normal. Biasanya seseorang dinyatakan mengalami hipoglikemi apabila orang tersebut memiliki kadar gula darah dibawah 70 mg/dl.

Obat penurun gula darah menjadi salah satu andalan utama dalam menurunkan kadar gula darah. Obat penurun gula darah ini terdiri dari obat hipoglikemik oral dan insulin. Obat hipoglikemik oral diberikan dalam bentuk tablet dan dimakan melalui oral atau mulut. Sedangkan obat insulin diberikan dalam bentuk suntikan yang diseuntikan pada jaringan subkutan.


Penurun Gula Darah
Strip tes gula darah easy touch GCU

Penurun Gula Darah yang Efektif 

Penurun gula darah dikatakan efektif bila dapat menurunkan kadar gula darah secara bertahap. Pola hidup sehat sebenarnya dapat dijasikan sebagai cara penurun gula darah yang efektif apabila dapat dilakukan secara teratur dan konsisten. Pengaturan gaya hidup menjadi pola hidup yang sehat tidaklah mudah. Banyak godaan yang membuat kita tergiur untuk melakukan pola hidup yang tidak sehat. Misalnya saja mengkonsumsi makanan yang mengandung gula atau kalori tinggi. Makanan yang mengandung gula atau kalori tinggi umumnya merupakan makanan yang enak. Sehingga kadang kita tergiur akan hal ini.

Namun apabila kita dapat melakukan pola hidup sehat dan diet yang seimbang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Pola hidup sehat yang lainnya yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah ialah dnegan melakukan aktifitas fisik.bahkan suatu penelitian mendukung akan hal ini. Disana disebutkan bahwa pada orang yang sering melakukan aktifitas fisik dengan berjalan kaki setiap hari dapat mengurangi resiko untuk terkena penyakit diabetes mellitus tipe 2 sebesar 30%. = Disamping dengan melakukan aktifitas fisik, memilih jenis makanan yang mengandung rendah gula atau kalori pun dapat menjadi cara penurun gula darah. Apalgi makanan yang mengandung pemanis buatan atau fruktosa. Pemanis buatan ini mudah sekali untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Disamping dengan pengaturan hidup menjadi pola hidup sehat, terdapat cara lain dalam menurunkan kadar gula darah yaitu dengan mengkonsumsi obat penurun gula darah. Obat penurun kadar gula darah ini diberikan apabila dengan cara merubah pola hidup menjadi pola hidup sehat tidak dapat menurunkan kadar gula darah. Pemberian obat hipoglemik oral dilakukan dalam jangka 2 minggu jika diet dan olahraga tidak mampu untuk menurunkan kadar gula darah. Bilamana dengan pemberian obat hipoglikemik oral ini tidak dapat juga menurunkan kadar gula darah, maka langkah yang selanjutnya dapat dilakukan sebagai cara penurun gula darah yaitu dengan memberikan insulin.

Pada umumnya cara penurun kadar gula darah tersebut bila dilakukan dengan benar akan memberikan hasil yang efektif dalam menruunkan kadar gula darah. Namun sebenarnya hal ini tidak dapat terjadi secara permanen. Dalam jangka waktu tertentu kadar gula darah di dalam tubuh dapat meningkat kembali. Terlebih lagi apabila pankreas yang merupakan organ penghasil insulin tersebut mengalami kerusakan. Maka dari itu biasanya penderita penyakit gula darah akan mengkonsumsi obat penurun kadar gula darah seumur hidup.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • langkahsehat.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :