Pemeriksaan Gula Darah

Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan dengan alat yang bernama alat cek gula darah. Alat cek gula darah ini dalam penggunaannya tergolong mudah. Pada umumnya alat untuk pemeriksaan gula darah ini dapat digunakan oleh siapa saja. Karena alat pemeriksaan gula darah ini tergolong praktis dan sederhana. Cara pengukuran gula darah dilakukan dengan mengambil sampel darah dari ujung jari kemudian darah tersebut di teteskan pada strip tes. Setelah itu masukkan strip tes yang telah diberi darah pada alat pengukur. Maka secara otomatis alat pengukur akan menghasilkan angka yang menunjukkan kadar gula darah dalam tubuh.

Pemeriksaan gula darah ini tergolong menhasilkan hasil yang akurat. Pemeriksaan gula darah dengan cara ini sering digunakan terutama oleh penderita penyakit diabetes. Karena pada penderita penyakit diabetes biasanya diperlukan pengecekan kadar gula darah secara berkala agar tidak terjadi hipoglikemi. Hipoglikemi dapat terjadi pada penderita penyakit diabetes dikarena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan penurun gula darah.


Pemeriksaan Gula Darah
Alat cek gula darah Gluco Dr

Strip cek gula darah Gluco Dr


Cara Pemeriksaan Gula Darah

Cara pemeriksaan gula darah selain dengan menggunakan strip tes yang dimasukkan ke dalam alat pengukur kadar gula darah, juga terdapat cara melakuan pemeriksaan gula darah dengan membandingkan warna pada warna standar. Cara yang dilakukan hampir sama, hanya saja strip tes yang telah diberikan sampel darah tersebut dicocokan warnanya dengan warna standar yang masing-masing pada warna standar tersebut terdapat nilai dari kadar gula darah.

Cara pemeriksaan gula darah dengan mencocokan warna yang terjadi dengan warna pada standar disebut dengan pengukuran kadar gula darah dengan cara visualisasi. Dalam melakukan cara ini, diperlukan ketelitian dan ketajaman mata untuk menyamakan warna yang terjadi dengan warna standar. Cocokan warna yang terjadi dengan warna standar kemudian lihat angka yang tertera pada warna standar. Itulah hasil dari pengukuran kadar gula darah yang diperiksa.

Pemeriksaan kadar gula darah dalam tubuh sangat berguna dalam mendiagnosa penyakit diabetes mellitus atau gula darah tinggi. Dikatakan seseorang menderita penyakit diabetes mellitus atau gula darah tinggi apabila kadar gula darah dalam tubuhnya menunjukkan angka diatas 200 mg/dl. Kadar tersebut termasuk ke dalam kadar gula darah tinggi, sehingga apabila didapatkan pemeriksaan gula darah yang menunjukkan angka diatas 200 mg/dl maka pasien yang melakukan pemeriksaan harus diberikan terapi diabetes mellitus.

Cara pengukuran dengan visualisasi dan dengan pengecekan dengan menggunakan alat cek gula darah memiliki keakuratan yang sama. Namun lebih praktis bila menggunakan cara pengecekan kadar gula darah dengan menggunakan alat cek kadar gula darah. Pada pemeriksaan kadar glukosa darah untuk mendeteksi penyakit gula ini tidak perlu melakukan pembacaan visual. Karena hasil dari pengukuran akan terlihat dari monitor mesin secara otomatis. Kita hanya cukup meneteskan sampel darah yang diambil dari ujung jadi pada strip test. Lalu masukkan strip test pada mesin kemudian tunggu beberapa detik sampai hasilnya terlihat di layar monitor mesin.

Maka dari itu cara pemeriksaan gula darah dengan menggunakan alat cek gula darah banyak digunakan oleh para petugas kesehatan maupun pasien dalam mengecek kadar gula darah pasien atau gula darahnya sendiri. Cara penggunaannya pun cukup mudah, dapat dipelajari sendiri dengan membaca di buku panduan penggunaan alat yang tersedia. Buku panduan penggunaan dan perawatan alat cek gula darah biasanya akan tersedia berdasarkan tipe alat yang digunakan. Tidak perlu pelatihan khusus untuk menggunakan alat cek gula darah ini.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • kadarguladarahnormal.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :