Pantangan Penyakit Gula

Pantangan penyakit gula umumnya akan berkaitan dengan larangan untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Karena pada umumnya penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus disebabkan karena asupan makanan yang mengandung gula atau kalori yang tinggi. Makanan yang menjadi pantangan penyakit gula ini harus dihindari terutama oleh penderita penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus. Karena mengkonsumsi makanan pantangan penyakit gula walaupun sedikit dapat meningkatkan kadar gula darahnya secara drastis. Untuk itu, makanan pantangan penyakit gula ini perlu diperhatikan agar kita dapat mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dihindari agar kadar gula darah tidak meningkat.


Alat tes gula darah gluco Dr

Pantangan Penyakit Gula
Strip tes gula darah gluco Dr


Makanan Pantangan Penyakit Gula

Makanan pantangan penyakit gula terdiri dari beberpa jenis makanan yang mengandung gula atau kalori tinggi. Makanan yang memiliki kandungan gula atau karbohidrat yang mudah diserap dan makanan yang rendah karbohidrat dapat membuat pankreas bekerja lebih santai dalam memproduksi insulin. Selain itu, insulin yang diperlukan untuk metabolisme karbohidrat pun sedikit. Paling penting ialah menghindari makanan yang terbuat dari tepung putih seperti roti, kue-kue, sereal dan juga makanan yang mengandung pemanis buatan, sirup fruktosa dan makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi seperti kebanyakan kripik, keju olahan dan kerupuk.

Makanan yang dijadikan menu kita sehari-hari seperti nasi putih sebaiknya diganti dengan beras merah atau umbi-umbian. Makanan yang mengandung serat tinggi umumnya akan memberikan dampak yang baik terhadap penurunan kadar gula darah dalam tubuh. Makanan yang mengandung serat tinggi diantaranya ialah buah-buahan dan sayur sayuran.

Selain itu makanan pantangan penyakit gula yang lainnya ialah kopi yang mengandung krimer. Kopi yang mengandung krimer dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Sebaiknya apabila ingin meminum kopi gantilah kopi krimer dengan kopi yang mengandung antioksidan. Kopi yang mengandung antioksidan termasuk asam klorogenat dan magnesium yang dapat meningkatkan sensitifitas tehadap insulin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health kepada 125.000 peserta (84.276 adalah perempuan), menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi 6 cangkir kopi atau lebih dalam sehari dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 sebanyak 30% meskipun hal tersebut dapat memberikan dampak penyakit yang lainnya. Maka dari itu konsumsilah kopi sesuai dengan kebutuhan.

Makanan yang mengandung pemanis buatan menjadi salah satu makanan pantangan penyakit gula. Baik dalam makanan maupun minuman yang mengandung pemanis buatan harus dihindari karena makanan dan minuman tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Salah satu contoh makanan dan minuman pantangan penyakit gula yang harus dihindari ialah kue-kue dan sirup.

Minuman seperti sirup yang mengandung pemanis buatan apalagi ditambah dengan soda, akan meningkatkan kadar gula darah dalam waktu yang cepat. Bahkan pada penderita penyakit gula darah atau diabetes mellitus yang bersifat kronik apabila mengkonsumsi minuman ini dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain. Biasanya hal ini juga kan berpengaruh terhadap penyembuhan luka yang lama apabila orang tersebut mengalami luka. Selain itu juga akibat dari meningkatnya kadar gula darah dari mengkonsumsi minuman tersebut juga dapat berpengaruh terhadap penglihatan yang menjadi kabur.

Maka dari itu sebaiknya makanan dan minuman pantangan penyakit gula dihindari agar tidak membuat kadar gula darah dalam tubuh ikut meningkat. Selain itu alangkah baiknya bila menghindari makanan atau minuman pantangan penyakit gula tersebut diiringi dengan kegiatan melakukan olahraga yang teratur. Karena kelebihan kadar gula darah dapat diturunkan dengan menjauhi makanan dan minuman pantangan penyakit gula serta dengan melakukan olahraga dengan teratur.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • langkahsehat.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :