Obat Tradisional Gula Darah

Obat tradisional gula darah yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus dapat berasal dari tanaman atau tumbuhan yang memiliki khasiat dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit serta dapat menganggu kinerja dari organ yang ada dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi obat tradisional gula darah diharapkan kadar gula darah dalam tubuh dapat menurun. Penurunan yang diharapkan ialah penurunan kadar gula darah secara bertahap. Karena bila terjadi penurunan kadar gula darah sekaligus dikhawatirkan dapat terjadi hipoglikemia atau gula darah yang rendah.


Obat Tradisional Gula Darah
Alat cek gula darah easy touch GCU

Strip cek gula darah easy touch GCU


Obat tradisional gula darah umumnya terbuat dari tanaman yang mudah untuk di dapatkan misalnya saja tanaman gandum. Tanaman gandum sendiri merupakan tanaman yang memiliki serat yang tinggi. Kandungan serat tersebut dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Tanaman gandum dapat diolah menjadi makanan seperti oatmeal. Oatmeal tersebut dapat kita buat sendiri ataupun membelinya dalam bentuk oatmeal instan. Namun biasanya kadar serat larut yang terkandung dalam oatmeal instan maupun oatmeal yang dibuat sendiri akan berbeda. Namun, umumnya pada setengah cangkit oatmeal mengandung serat larut sebanyak kurang lebih 3 gram. Dan pada satu sachet oatmeal instan mengandung serta larut sebanyak 1 gram.

Macam-macam Obat Tradisional Gula Darah Tinggi

Macam-macam bahan alami dapat dijadikan sebagai obat tradisional gula darah tinggi. Salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obat tradisional gula darah tinggi ialah buah mengkudu. Di dalam buah mengkudu mengandung senyawa yang dapat mengobati penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus. Di dalam buah mengkudu terkandung proxeroni. Zat ini membentuk suatu alkaloid yang dapat membuka pori-pori sel sehingga memudahkan nutrisi untuk menyerap ke dalam tubuh. Cara membuat obat tradisional gula darah tinggi dari buah mengkudu ini dilakukan dengan mengambil buah mengkudu sebanyak 1 buah, kemudian di cuci hingga bersih lalu diblender. Kemudian peras blenderan mengkudu tersebut dan ambil sarinya. Masukan air perasan buah mengkudu tersebut ke dalam gelas. Lalu minum air perasan buah mengkudu tersebut. Apabila tidak tahan terhadap rasa pahit dari mengkudu, dapat ditambahkan dengan madu ke dalam air perasan tersebut.

Selain buah mengkudu, bahan alami lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional gula darah tinggi ialah kunyit. Kandungan di dalam kunyit mampu mengobati penyakit gula darah tinggi atau diabetes. Kunyit sangat mudah sekali untuk ditemukan. Karena biasanya kunyit menjadi bumbu dapur yang sering digunakan utnuk memasak. Cara membuat obat tradisional untuk mengobati gula darah tinggi dengan kunyit ialah dengan mengambil sebuah rimpang kunyit, lalu cuci bersih. Tambahkan ke dalam rimpang kunyit tersebut satu sendok teh garam kemudian rebus dengan 1 liter air. Biarkan sampai mendidih. Setelah air rebusan kunyit tersebut mendidih, biarkan dingin terlebih dahulu. Minum air rebusan tersebut sebanyak setengah gelas saja. Obat ini akan memberikan hasil yang optimal bila diminum secara teratur yaitu sebanyak dua kali dalam satu minggu.

Selain itu terdapat mahkota dewa yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional gula darah tinggi. Mahkota dewa ini dibuat dengan mengambil 3 sampai 5 tangkai mahkota dewa. Kemudian ditambahkan 3 lembar daun slam dan cuci hingga bersih. Daun salam dan mahkota dewa tersebut direbus dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa setengah gelas air rebusan. Setelah itu minum air rebusan tersebut dalam keadaan hangat.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • nitips.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :