Obat Herbal Gula Darah

Obat herbal gula darah merupakan salah satu cara dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan mengobati penyakit diabetes mellitus. Pada obat herbal gula darah ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan resep yang telah diuji melalui pengalaman dari para penderita penyakit diabetes atau gula darah tinggi. Obat herbal gula darah yang dapat dibuat misalnya berbahan dari tanaman brotowali, mengkudu, mahkota dewa, dan lain sebagainya. Biasanya obat herbal ini dibuat dengan cara direbus. Lalu air rebusan tersebut diminum secara teratur untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Obat herbal gula darah tergolong aman untuk dikonsumsi. Karena obat herbal gula darah ini terbuat dari bahan-bahan alami yang memiliki efek sampil yang rendah bahkan tanpa menimbulkan efek samping. Obat herbal gula darah ini juga memiliki efektifitas yang tidak kalah ampuh dari pengobatan secara medis.


Obat Herbal Gula Darah
Strip tes gula darah Gluco Dr

Membuat Obat Herbal Gula Darah Tinggi 

Membuat obat herbal gula darah tinggi tidaklah sulit. Pada umumnya obat herbal gula darah tinggi ini dibuat dengan cara direbus, diambil sarinya, dan lain sebagainya. Tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal gula darah tinggi ialah tanaman brotowali. Tanaman brotowali ini sudah terkenal akan khasiatnya sejak zaman dahulu. Tanaman brotowali memiliki rasa yang pahit dan paling sering digunakan sebagai campuran dalam pembuatan jamu.

Berbagai macam bahan alami dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati gula darah tinggi. Salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obat untuk mengobati tinggi ialah buah mengkudu. Di dalam buah mengkudu mengandung senyawa yang dapat mengobati penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus. Di dalam buah mengkudu terkandung proxeroni. Zat ini membentuk suatu alkaloid yang dapat membuka pori-pori sel sehingga memudahkan nutrisi untuk menyerap ke dalam tubuh. Cara membuat obat tradisional gula darah tinggi dari buah mengkudu ini dilakukan dengan mengambil buah mengkudu sebanyak 1 buah, kemudian di cuci hingga bersih lalu diblender. Kemudian peras blenderan mengkudu tersebut dan ambil sarinya. Masukan air perasan buah mengkudu tersebut ke dalam gelas. Lalu minum air perasan buah mengkudu tersebut. Apabila tidak tahan terhadap rasa pahit dari mengkudu, dapat ditambahkan dengan madu ke dalam air perasan tersebut.

Selain itu terdapat tanaman brotowali. Tanaman brotowali ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit selain penyakit gula darah tinggi. Cara membuat obat herbal gula darah tinggi yang berbahan dasar dari tanaman brotowali ini ialah dengan cara mengambil batang tanaman brotowali sepanjang kira-kira 10 cm kemudian tambahkan dengan segenggam akar pepaya dan rebus keduanya di dalam ir secukupnya hingga mendidih.setelah mendidih biarkan air rebusan tersebut dingin terlebih dahulu. Setelah dingin air rebusan tersebut dapat diminum secara teratur.

Selain dari tanaman brotowali, obat herbal gula darah tinggi ini juga dapat dibuat dari tanaman kemangi. Namun hati-hati tanaman ini tidak boleh digunakan pada penderita penyakit gula darah tinggi yang disertai dengan penyakit asam urat. Karena daun kemangi ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Daun kemangi untuk pengobatan penyakit gula darah dapat dimakan secara langsung dengan menggunakannya sebagai lalapan. Biasanya daun kemangi digunakan sebagai lalapan, ataupun dicampurkan dalam masakan seperti pepes tahu. Apabila dikombinasikan dengan pepes tahu maka daun kemangi dapat berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • nitips.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :