Harga Cek Darah

Harga cek darah yang ditawarkan setiap fasilitas kesehatan pada umumnya berbeda. Bergantung pada status dan pelayanan dari klinik atau rumah sakit tersebut. Harga cek darah ini didasarkan pada biaya bahan yang digunakan dan jasa orang yang melakukan pemeriksaan. Namun pada umumnya harga cek darah untuk pemeriksaan laboratorium didasarkan pada jenis pemeriksaan yang dilakukan. Kemudian semakin banyak jenis pemeriksaan yang dilakukan maka harga cek darah juga akan semakin mahal. Cek darah yang biasa dilakukan diantaranya ialah cek darah untuk pemeriksaan kadar gula darah. Pemeriksaan gula darah ini bertujuan untuk mendiagnosis penyakit diabetes mellitus.


Alat cek gula darah GlucoDr


Strip cek gula darah GlucoDr


Harga cek darah untuk pemeriksaan gula darah dilakukan dengan mengambil sampel berupa darah yang terdapat dari pembuluh darah vena ataupun dari pembuluh darah perifer. Harga cel darah untuk pemeriksaan gula darah sendiri berbeda-beda disetiap tempat. Hal ini bergandtung pada kebijakan dari tempat tersebut. Namun disini terdapat perkiraan berbagai jenis pemeriksaan untuk mengetahui kadar gula darah, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Pemeriksaan Gula Darah Puasa
Apabila hendak ingin melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini, maka persiapkanlah biaya sebesar Rp. 17.500,- sampai dengan Rp. 35.000,-. Biaya tersebut merupakan biaya rata-rata yang diambil dari berbagai tempat untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah dengan jenis ini.
  • Pemeriksaan Gula 2 Jam PP
Apabila hendak ingin melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini, maka persiapkanlah biaya sebesar Rp. 17.500,- sampai dengan Rp. 35.000,-. Biaya tersebut merupakan biaya rata-rata yang diambil dari berbagai tempat untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah dengan jenis ini.
  • Pemeriksaan Gula Darah GTT atau Tes Toleransi
Apabila hendak ingin melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini, maka persiapkanlah biaya sebesar Rp. 60.000,- sampai dengan Rp. 100.000,-. Biaya tersebut merupakan biaya rata-rata yang diambil dari berbagai tempat untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah dengan jenis ini.
  • Pemeriksaan Insulin
Apabila hendak ingin melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini, maka persiapkanlah biaya sebesar Rp. 225.000,- sampai dengan Rp. 230.000,-. Biaya tersebut merupakan biaya rata-rata yang diambil dari berbagai tempat untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah dengan jenis ini.
  • Pemeriksaan HBA1C
Apabila hendak ingin melakukan pemeriksaan gula darah jenis ini, maka persiapkanlah biaya sebesar Rp. 125.000,- sampai dengan Rp. 190.000,-. Biaya tersebut merupakan biaya rata-rata yang diambil dari berbagai tempat untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah dengan jenis ini.

Harga Cek Darah Hematologi

Yang termasuk ke dalam cek darah hematologi ialah cek darah rutin, cek darah lengkap, morfologi, cek golongan darah dan rhesus, cek malaria.INR, protrombine time, APTT, dan agregrasi trombosit. Untuk pemeriksaan darah rutin itu sendiri terdiri dari lekosit, erytrosit, hb, hematrokit, dan trombosit. Sedangkan untuk pemeriksaan darah lengkap terdiri dari darah rutin, LED, dan hitung jenis. Berikut terdapat berberapa referensi mengenai harga cek darah hemtologi yaitu sebagai berikut :

  • Darah Rutin (Lekosit, Erytrosit, HB, Hematrokit, Trombosit). Biayanya berkisar antara Rp. 55.000,- sampai dengan Rp. 76.000,-. 
  • Darah Lengkap (Darah rutin + LED + Hitung Jenis). Biayanya berkisar antara Rp. 98.000,- sampai dengan Rp. 110.000,-. 
  • Morfologi. Biayanya berkisar antara Rp. 67.000,- sampai dengan Rp. 85.000,-. 
  • Cek Golongan Darah + F.Rrhesus. Biayanya berkisar antara Rp. 40.000,- sampai dengan Rp. 60.000,-. 
  • Cek Malaria. Biayanya berkisar antara Rp. 40.000,- sampai dengan Rp. 55.000,-. 
  • INR. Biayanya berkisar antara Rp. 100.000,- sampai dengan Rp. 170.000,-. 
  • Protombine Time (PT). Biayanya berkisar antara Rp. 80.000,- sampai dengan Rp. 120.000,-. 
  • APTT. Biayanya berkisar antara Rp. 70.000,- sampai dengan Rp. 75.000,-. 
  • Agregasi Trombosit. Biayanya berkisar antara Rp. 290.000,- sampai dengan Rp. 300.000,-. 





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • artonortega74.blogspot.co.id





Terima kasih untuk Like/comment FB :