Gejala Gula Darah

Gejala gula darah akan dirasakan terutama bila kadar gula darah termasuk ke dalam kategori kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi ini akan memberikan gejala baik yang dapat dirasakan oleh penderita maupun yang dapat terlihat dari luar. Gejala gula darah yang biasanya sudah dapat terlihat atau diamati dengan kasat mata termasuk ke dalam gejala gula darah yang sudah kronik. Gejala gula darah yang sudah kronik tersebut misalnya adanya luka pada nggota tubuh yang tidak kunjung sembuh. Hal ini mengindikasikan terhadap adanya kadar gula darah yang tinggi.

Gejala gula darah pada umumnya yang dirasakan oleh penderita penyakit diabetes mellitus atau gula darah tinggi ialah merasakan haus, merasakan lapar, sering buang air kecil dan lain sebagainya. Gejala yang dirasakan oleh penderita diabetes mellitus atau gula darah tinggi ini merupakan gejala awal yang menunjukkan ke arah penyakit diabetes mellitus atau gula darah tinggi.


Gejala Gula Darah
Strip tes gula darah accu check


Gejala Gula Darah Tinggi

Gejala gula darah tinggi yang dapat terjadi pada seseorang dapat ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi menjadi ciri khas gejala yang menyertai dnegan kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu orang yang mengalami gula darah tinggi juga akan lebih sensitif dari pada biasanya.

Sering buang air kecil juga merupakan gejala yang khas yang dapat terjadi pada penderita penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus. Selain itu penderita penyakit diabetes mellitua atau gula darah tinggi ini akan merasakan gejala gula darah tinggi berupa peningkatan terhadap rasa lapar dan mengalami dehidrasi. Kemudian dari mulutnya terlihat mulut kering dan tercium bau nafas yang kurang enak.

Gejala gula darah tinggi lainnya dapat berakibat pada penglihatan yang kabur atau tidak jelas. Kemudian penderita gula darah tinggi atau diabetes mellitus ini juga akan merasa gatal-gatal pada bagian kulit, terkadang juga penderita gula darah tinggi merasakan gejala berupa sering sakit kepala. Itulah tanda gejala gula darah tinggi yang umumnya dirasakan oleh penderita penyakit diabetes mellitus.

Penyakit diabetes mellitus menjadi salah satu penyakit yang ditakutkan terjadi. Pasalnya penyakit diabetes mellitus ini dapat memakan atau merusak organ yang ada dalam tubuh. Apabila dalam tahap yang sudah kronik penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus ini bila terjadi luka walaupun lukanya sedikit, maka akan sangat sulit untuk sembuh. Pada akhirnya yang merupakan gejala yang sangat parah bila terjadi infeksi luka yang menyebabkan penderitanya harus melakukan amputasi agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Maka dari itu langkah terbaik yang dilakukan sebelum penyakit itu terjadi, sebaiknya melakukan langkah pencegahan terhadap terjadinya penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus. Penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus dapat dicegah dengan cara mengatur pola makan dan memilih jenis makanan yang tidak dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh, serta dengan berolah raga yang rutin. Kedua langkah tersebut merupakan langkah pencegahan yang efektif untuk dilakukan dalam mencegah terjadinya penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus. Disamping dengan langkah pencegahan lainnya, cara ini merupakan cara umum yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat kita.

Dalam melakukan kedua cara tersebut, dibutuhkan kepatuhan untuk melakukannya. Kepatuhan ini menjamin hasil yang diinginkan agar tidak terkena penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus. 





Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • langkahsehat.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :