Ciri-ciri Penyakit Gula Darah

Ciri-ciri penyakit gula darah umumnya dikenali dari apa yang dikeluhkan oleh penderita penyakit gula itu sendiri. Ciri-ciri penyakit gula darah yang umumnya dikeluhkan oleh penderita penyakit gula ialah mudah lapar, sering haus, sering buang air kecil, penglihatan kabur, sering merasa lelah tanpa sebab, kenaikan berat badan, penyembuhan luka yang buruk (luka, goresan, dan lain-lain), mulut kering, kulit kering atau gatal, kesemutan di kaki atau tumit, disfungsi ereksi, infeksi berulang, dan infeksi telinga luar. Dan untuk aritmia jantung, pingsan, koma, serta kejang juga merupakan ciri-ciri penyakit gula darah yang bersifat gawat darurat.


Ciri-ciri Penyakit Gula Darah
Alat tes gula darah easy touch GCU

Ciri-ciri penyakit gula darah pada tahap awal mungkin tidak akan dirasakan oleh penderita penyakit gula. Umumnya pada tahap awal penderita penyakit gula tidak merasakan keluhan apapun yang mengaraha pada adanya penyakit gula. Kecuali apabila seara tidak sengaja dia melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan diketahui kadar gula darahnya tinggi, barulah disitu dia mulai sadar bahwa dirinya terkena penyakit gula.

Apabila dalam tahap awal penyakit gula dapat terseteksi, maka proses penyembuhannya pun akan mudah sekali untuk dilakukan. Berbeda halnya apabila penyakit gula ini dapat terdeteksi dalam tahap akhir. Proses penyembuhan pun akan berlangsung sulit dan lambat. Maka dari itu sebaiknya deteksi dini harus dilakukan untuk mencegah penyakit gula yang lebih parah. Deteksi dini dapat dilakukan dengan mengenali ciri-ciri penyakit gula darah dan melakukan pemeriksaan kadar gula darah.

Ciri-ciri Penyakit Gula Darah Tinggi 

Ciri-ciri penyakit gula darah tinggi umumnya mengacu pada ciri-ciri penyakit diabetes mellitus. Karena penyakit diabetes mellitus ini sama-sama merupakan penyakit yang terjadi sebagai akibat dari kadar gula darah yang tinggi. Maka dari itu ciri-ciri penyakit gula darah tinggi itu sama dengan ciri-ciri penyakit diabetes mellitus.

Ciri-ciri penyakit gula darah tinggi seperti yang telah disebutkan sebelumnya dapat berupa adanya perasaan mudah lapar, sering haus, sering buang air kecil, penglihatan kabur, sering merasa lelah tanpa sebab, kenaikan berat badan, penyembuhan luka yang buruk (luka, goresan, dan lain-lain), mulut kering, kulit kering atau gatal, kesemutan di kaki atau tumit, disfungsi ereksi, infeksi berulang, dan infeksi telinga luar. Dan untuk aritmia jantung, pingsan, koma, serta kejang juga merupakan ciri-ciri penyakit gula darah yang bersifat gawat darurat.

Ciri-ciri penyakit gula darah tinggi ini munrkin akan dirasakan hanya beberapa saja. Tidak semua dari ciri-ciri penyakit gula darah tinggi dirasakan oleh penderita penyakit gula. Namun apabila terdapat slah satu atau beberapa ciri yang terjadi, sebaiknya kita harus segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah untuk memastikan apakah kita terkena penyakit gula atau tidak. Pemeriksaan dapat dilakukan pada dokter.

Disana dokter akan menanyakan mengenai keluhan yang berhubungan dengan ciri-ciri penyakit gula darah tinggi, setelah itu dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium untuk mengecek kadar gula yang dimiliki. Apabila memang kadar gula darah yang dimiliki tergolong tinggi maka dokter pun akan memberikan terapi berupa obat-obatan penurun kadar gula darah tinggi. Selain itu dokter juga akan memberikan nasehat kesehatan seperti menjauhi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh dan melakukan pola hidup sehat. Umumnya dengan cara inilah kadar gula darah di dalam tubuh dapat menurun dengan efektif. Namun, pemeriksaan kadar gula darah perlu dilakukan secara berkala pada saat menjalankan terapi ini.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • penyakitdiabetes.org





Terima kasih untuk Like/comment FB :