Cara Menyembuhkan Penyakit Gula

Cara menyembuhkan penyakit gula dapat dilakukan diantaranya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Pengobatan penyakit gula dengan mengkonsumsi obat-obatan penurun kadar gula darah ini menjadi pilihan utama dalam menyembuhkan penyakit gula. Selain itu disamping mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, harus disertai juga dengan melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini meliputi pengaturan aktifitas fisik, pengaturan asupan makanan, dan lain sebagainya.


Cara Menyembuhkan Penyakit Gula
Strip tes gula darah easy touch GCU

Penyakit gula sangat berhubungan sekali dengan asupan makanan. Bila terdapat asupan makanan berlebih terutama makanan yang mengandung gula dan kalori yang tinggi maka beresiko untuk terkena penyakit gula. Apabila sudah terlanjur terkena penyakit gula, maka kedua cara menyembuhkan penyakit gula pun dapat dilakukan yaitu seperti mengkonsumsi obat-obatan penurun gula darah dan pengaturan pola hidup sehat.

Bila kedua cara tersebut dapat dilakukan dengan benar dan konsisten, maka besar kemungkinan kadar gula darah di dalam tubuh dapat menurun. Namun sebaiknya sebelum melakukan kedua cara tersebut, lebih baik melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter. Disana dokter akan memastikan apakah Anda memang benar terkena penyakit gula atau tidak. Bila ternyata memang Anda terkena penyakit gula, maka dokter akan memberikan sejumlah terapi yang harus dilaksanakan diantaranya ialah mengkonsumsi obat-obatan penurun gula darah dan menjalankan pola hidup yang sehat.

Cara Menyembuhkan Penyakit Gula yang Efektif

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, cara menyembuhkan penyakit gula ini sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Pola hidup sehat yang diterapkan pada kehidupan sehari-hari dapat berupa pengaturan aktifitas dan pengaturan asupan makanan.

Pengaturan aktifitas seperti berolah raga dapat dilakukan setiap harinya. Dengan melakukan olah raga minimal 15 menis setiap harinya dapat mengurangi terjadinya obesitas. Seperti yang kita ketahui bahwa obesitas merupakan salah satu faktor resiko terkena penyakit gula. Maka dari itu walaupun kita sudah terkena penyakit gula, maka sangat pentng untuk mengontrol berat badan dengan berolah raga agar kadar gula di dalam tubuh juga tidak dapat meningkat, bahkan dapat turun.

Selain itu pengaturan asupan makanan juga dapat menjadi cara menyembuhkan penyakit gula yang efektif karena sebagian besar penyakit gula terjadi sebagai akibat dari konsumsi makanan yang mengandung gula dan kalori yang tinggi. Untuk penderita penyakit gula sebaiknya menghindari makanan yang menjadi makanan pantangan untuk penyakit gula. Contoh makanan yang dipantang untuk dikonsumsi penderita penyakit gula diantaranya ialah makanan yang mengandung pemanis buatas seperti minuman, sirup dan lain-lain. Dan pada penderita penyakit gula sebaiknya mengganti nasi putih dengan bera merah ataupun umbi-umbian. Karena di dalam nasi purih mengandung gula dan kalori yang tinggi dibandingkan nasi merah dan umbi-umbian.

Obat-obatan yang dapat menuurnkan kadar gula darah tersebut harus dikonsumsi sesuai anjuran dari dokter. Obat-obatan yang biasanya dijadikan sebagai cara menyembuhkan penyakit gula ialah obat hipoglikemik oral dan obat insulin. Obat hipoglikemik oral biasanya berbentu tablet yang dapat dimakan langsung melalui mulut. Sedangkan obat insulin berupa obat cair yang diberikan dengan cara disuntikkan melalui jaringan subkutan pada kulit. Pemberian insulin dalam bentuk suntikan akan lebih cepat dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit gula dibandingkan dengan pemberian obat hipoglikemik oral.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • penyakitdiabetes.org





Terima kasih untuk Like/comment FB :