Cara Mengobati Penyakit Gula

Cara mengobati penyakit gula dapat dilakukan dengan pengobatan modern maupun tradisional. Pengobatan modern dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Obat-obatan penurun gula darah tersebut di dapatkan berdasarkan resep dokter. Resep dokter diperoleh berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Selain pengobatan modern, dapat dilakukan juga dengan pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan tradisional yang bersifat herbal. Obat-obatan tradisional tersebut dapat di dapatkan dengan cara membuat sendiri ataupun membeli obat tradisional yang instan.

Baik pengobatan secara modern maupun secara tradisional, masing-masing memiliki khasiat dalam mengobati penyakit gula dan dapat dijadikan sebagai cara mengobati penyakit gula. Cara mengobati penyakit gula selain kedua cara tersebut juga daat dilakukan dengan pengaturan pola hidup menjadi pola hidup yang sehat.


Cara Mengobati Penyakit Gula
Alat cek gula darah accu check

Strip cek gula darah accu check


Cara Mengobati Penyakit Gula Tinggi

Cara mengobati penyakit gula tinggi umumnya dilakukan oleh sebagian masyarakat yang terkena penyakit gula atau diabetes mellitus dengan mengkonsumsi obat-obatan yang telah di resepkan oleh dokter. Obat-obatan tersebut merupakan jenis obat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Salah satu contoh obat yang digunakan ialah metformin.

Selain dengan cara mengobati penyakit gula tinggi dengan cara modern, juga dapat dilakukan dengan cara tradisional. Diantaranya yaitu dengan membuat ramuan tradisional. Salah satu bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional ialah dengan menggunakan buah mengkudu. Buah mengkudu sudah terkenal akan khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit gula darah tinggi.

Cara membuat obat tradisional untuk mengobati penyakit gula darah tinggi ini dilakukan dnegan cara memblender satu buah mengkudu, kemudian diambil sarinya dengan cara diperas. Setelah itu minum sari buah mengkudu tersebut secara teratur.

Buah mengkudu dapat menjadi cara mengobati penyakit gula tinggi karena di dalam buah mengkudu mengandung mengandung senyawa yang dapat mengobati penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus. Di dalam buah menkudu terkandung proxeroni. Zat ini membentuk suatu alkaloid yang dapat membuka pori-pori sel sehingga memudahkan nutrisi untuk menyerap ke dalam tubuh. Cara tersebut menjadikan mengkudu sebagai cara mengobati penyakit gula tinggi yang dapat diandalkan.

Selain dengan menggunakan buah mengkudu, cara mengobati penyakit gula juga dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman mahkota dewa. Mahkota dewa ini dibuat dengan mengambil 3 sampai 5 tangkai mahkota dewa. Kemudian ditambahkan 3 lembar daun slam dan cuci hingga bersih. Daun salam dan mahkota dewa tersebut direbus dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa setengah gelas air rebusan. Setelah itu minum air rebusan tersebut dalam keadaan hangat.

Ada lagi cara mengobati penyakit gula tinggi yang lainnya yaitu dengan menggunakan kunyit. Kandungan di dalam kunyit mampu mengobati penyakit gula darah tinggi atau diabetes. Kunyit sangat mudah sekali untuk ditemukan. Karena biasanya kunyit menjadi bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Cara membuat obat tradisional untuk mengobati gula darah tinggi dengan kunyit ialah dengan mengambil sebuah rimpang kunyit, lalu cuci bersih. Tambahkan ke dalam rimpang kunyit tersebut satu sendok teh garam kemudian rebus dengan 1 liter air. Biarkan sampai mendidih. Setelah air rebusan kunyit tersebut mendidih, biarkan dingin terlebih dahulu. Minum air rebusan tersebut sebanyak setengah gelas saja. Obat ini akan memberikan hasil yang optimal bila diminum secara teratur yaitu sebanyak dua kali dalam satu minggu.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • nitips.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :