Cara Cepat Menurunkan Gula Darah

Cara cepat menurunkan gula darah umumnya ditempuh dengan cara mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah tersebut. Itulah salah satu cara cepat menurunkan gula darah, namun cara tersebut harus didasarkan atas petunjuk dokter. Mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah melebihi dosis yang dianjurkan dapat mengakibatkan terjadinya hipoglikemi. Untuk itu lebih baik mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah sesuai dengan anjuran dokter yang memeriksa. Disamping itu saat mengkonsumsi obat-obatan tersebut, baiknya kadar gula darah dipantau secara berkala.


Cara Cepat Menurunkan Gula Darah
Strip tes gula darah accu check

Cara cepat menurunkan gula darah ini selain dengan mengkonsumsi obat-obatan penruun kadar gula darah juga dapat dilakukan dengan mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang dilakukan diantaranya ialah menjaga asupan makanan sehari-hari. Pada penderita penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus umumnya membatasi makanan yang mengandung gula atau kalori yang tinggi. Karena makanan yang mengandung gula atau kalori yang tinggi umumnya dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu berolahrag juga termasuk ke dalam pola hidup sehat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Masih banyak hal lain yang termasuk ke dalam pola hidup sehat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Cara Cepat Menurunkan Gula Darah dengan Mengkonsumsi Obat Penurun Gula Darah

Cara cepat menurunkan gula darah dengan mengkonsumsi obat penurun gula darah menjadi salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh penderita penyakit diabetes mellitus atau gula darah tinggi. Obat yang biasanya diberikan oleh dokter untuk menurunkan kadar gula darah ialah obat hipoglikemik oral dan insulin.

Obat hipoglikemik oral diberikan apabila dengan melakukan pola hidup sehat tidak dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Sedangkan obat insulin diberikan apabila obat hipoglikemik oral tidak dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Obat hipoglikemik oral yang biasanya digunakan diantaranya ialah obat golongan sulfonilurea, obat biguanida dan obat alfa glukosida.

Obat sulfonilurea ini diantaranya ialah asetoheksamida, klorpropamida, glibenklamida, gliklazida, tolzamida, tolbutamida, dan lain-lain. Obat-obatan ini bekerja dengan cara yang berbeda namun memiliki efek yang sama dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Biasanya obat ini diberikan dalam bentuk sediaan tablet yang dimakan melalui mulut atau per oral. Obat golongan ini umumnya bekerja dengan cara merangsang pelepasan insulin oleh pankreas sehingga pakreas dapat menghasilkan insulin.efek samping yang dapat terjadi sebagai akibat dari mengkonsumsi obat golongan ini ialah adanya rasa tidak nyaman pada perut dan dapat menimbulkan diare. Bila diberikan melebihi dosis yang dianjurkan maka dapat menyebabkan terjadinya hipoglikemia.

Obat biguanida merupakan golongan obat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Contoh dari obat golongan ini ialah metformin. Mengkonsumsi metformin menjadi salah satu cara cepat menuurnkan gula darah. Obat ini bekerja dengan cara menurunkan penyerapan karbohidrat dan memajukan oksidasi karbohidrat di dalam jaringan. Efek samping yang dapat terjadi dari obat ini ialah rasa tidak enak, pahit, atau seperti logam pada lidah, menghilangkan selera makan, rasa mual dan rasa tidak nyaman pada perut. Namun efek samping ini dapat dicegah atau dikurangi dengan cara megkonsumsi obat ini pada saat sebelum makan atau saat makan.

Obat inhibitor alfa glukosida diantaranya ialah akarbose. Akarbose ini bekerja menurunkan kadar gula darah dengan cara memperlambat penyerapan karbohidrat dari usus dan biasanya direkomendasikan bagi mereka yang memiliki asupan karbohidrat tinggi. Efek samping yang dapat ditimbulkan dari obat ini ialah masuk angin dan diare.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • obatdiabetesmelitus.org





Terima kasih untuk Like/comment FB :