Cara Cek Gula Darah

Cara cek gula darah dapat dilakukan dengan bantuan orang lain ataupun dilakukan sendiri dengan menggunakan alat pengukur kadar gula darah yang bersifat otomatis. Umumnya cara cek gula darah dilakukan dengan dua cara yaitu dengan strip uji dan dengan metode meteran. Kedua cara cek gula darah ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apabila dilihat dari kepraktisan, cara cek gula darah dnegan metode meteran merupakan cara praktis yang dapat digunakan. Keduanya memiliki persamaan dalam hal sampel yang digunakan. Biasanya sampel yang digunakan adalah sampel darah yang di ambil dari ujung jari atau sampel darah perifer.

Cara cek gula darah ini menjadi cara cek gula darah yang paling sering dilakukan. Dengan metode meteran kita tidak harus menyamakan hasil yang terjadi pada sampel dengan warna standar. Dengan menggunakan metode meteran hasil dari pengukuran kadar gula darah akan terlihat secara otomatasi pada layar monitor mesin.


Cara Cek Gula Darah
Strip tes gula darah nesco

Dua Cara Cek Gula Darah

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa pada umumnya cara cek gula darah dapat dilakukan dnegan dua cara. Kedua cara tersebut ialah dengan uju strip dan metode meteran. Sbelum melakukan pemeriksaan kadar gula darah terlebih dahulu ambil sampel darah yang akan iukur kadar gula darahnya. Baik pada metode dengan menggunakan strip uji dan dengan metode meteran dalam hal mengambil sampel keduanya memiliki cara yang sama. Pertama-tama bersihakn terlebih dahulu ujung jari yang akan diambil darahnya dengan mengusapnya menggunakan kapa alkohol. Kemudian biarkan alkohol tersebut mengering, lalu tusukkan ujung jari pada jarum blood lancet sampai darah keluar. Hapus atau usap darah yang pertama kali keluar dari ujung jari dengan menggunakan kapa kering. Kemudian darh yang keluar berikutnya diteteskan atau ditaruh pada strip tes.

Perlu diperhatikan setelah sampel darah berhasil diambil maka tekan bagian yang ditusuk tadi dengan menggunakan kapas alkohol. Apabila dalam satu hari dilakukan beberapa kali pemeriksaan ataupun pengecekan gula darah, maka untuk penusukkan atau pengambilan sampel darah yang berikutnya dilakukan pada jari yang berbeda. Pada saat penusukkan pada jari usahakan agar tangan bagian depan dan lengan terletak di bawah jantung. Berikut akan diuraikan cara cek gula darah dengan menggunakan masing-masing metode yaitu :

  • Cara cek gula darah dengan menggunakan metode strip uji
Di dalam strip uji terkandung suatu senyawa yang dapat merubah warna dari strip uji apabila diteteskan dengan sampel darah. Setelah darah tersebut diteteskan pada strip uji, biarkan beberpa detik hingga terjadi perubahan warna. Setelah itu, cocokkan warna yang terjadi pada stip uji dengan warna standar yang ada pada botol yang menunjukkan berbagai kadar gula darah. Metode ini disebut juga pembacaan visual karena anda perlu membandingkan warna pada strip dengan warna pada grafik warna standar.
  • Cara cek gula darah dengan menggunakan metode meteran
Cara ini menjadi cara yang praktis untuk dilakukan. Sampel darah diteteskan pada sttrip tes, kemudian simpan strip tes tersebut ke dalam meteran dari pasangan strip tes tersebut. Tunggu beberapa detik hingga hasil dari pengukuran kadar gula darah muncul pada layar monitor dalam bentuk angka. Itulah angka yang menunjukkan kadar gula darah yang diperiksa. Satuan yang biasanya digunakan dalam penngukuran dengan metode ini ialah mg/dl.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • kadarguladarahnormal.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :