Alat Ukur Gula Darah

Alat ukur gula darah yang ditawarkan oleh banyak produsen memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentunya alat ukur gula darah ini memiliki harga yang disesuaikan dengan kualitas yang ditawarkan dari setiap alat tes gula darah. Alat ukur gula darah sebaiknya jangan dilihat dari harganya, namun dilihat dari kualitas alat ukur gula darah tersebut. Karena kualitas alat yang baik akan menghasilkan hasil pengukuran yang baik pula. Selain itu kualitas alat yang baik juga dapat menghemat waktu pemeriksaan yang dilakukan.


Alat Ukur Gula Darah
Alat cek gula darah nesco

Strip cek gula darah nesco

Keakuratan dari alat tes gula darah menjadi faktor utama dalam memilih alat ukur gula darah yang baik. Pasalnya apabila kita memilih alat tes gula darah yang kurang akurat akan mempengaruhi hasil dari pengukuran. Hasil dari pengukuran merupakan dasar dalam menentukan tindakan selanjutnya yang akan dilakukan pada pasien tersebut. Bila yang seharusnya kadar gula darahnya normal namun dari hasil pengukuran digolongkan kadar gula darahnya tinggi, maka pada pasien tersebut dapat diberikan penanganan kadar gula darah tinggi yang sehrusnya tidak perlu untuk dilakukan.

Bahkan akibat dari penanganan yang salah inidapat menimbulkan komplikasipenyakit lain sepertihipoglikemi akibat pemberian obat penurun kadar gula darah karena yang diketahui adalah kadar gula darahnya tinggi. Padahal kadar gula darah yang dimiliki oleh pasien tersebut tergolong kadar gula darah yang normal.

Memilih Alat Ukur Gula Darah yang Baik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam memilih alat ukur gula darah yang baik, yang menjadi faktor utamanya ialah keakuratan alat. Ketidakakuratan alat dapat membuat hasil pengukuran seolah-olah tinggi ataupun seolah-olah rendah yang dapat berpengaruh terhadap tindakan yang akan dilakukan selanjutnya. Pada tatalaksana yang salah sebenarnya dapat menimbulkan terjadinya hiperglikemia ataupun hipoglikemia.

Pengukuran kadar gula darah dengan menggunakan alat ukur gula darah sebenarnya bisa saja dilakukan secara mandiri. Namun dengan syarat bahwa alat ukur gula darah yang digunakan tersebut memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi. Tentunya alat tes gula darah yang memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi, pastinya akan dijual dengan harga yang tinggi pula. Namun sebenarnya harga bukan masalah utama dalam memilih alat tes gula darah yang baik dibandingkan dengan efek yang dapat timbul akibat kesalahan dalam melakukan penanganan yang diakibatkan oleh karena alat pengukur gula darah yang tidak akurat. Maka dari itu sangatlah penting bagi pasien yang menderita penyakit diabetes mellitus dalam memperhatikan kualitas alat tes glukosa yang akan dibeli.

Tingkat akurasi dari alat tes glukosa termasuk ke dalam kualitas dari alat tes glukosa. Selain itu tingkat akurasi, yang termasuk ke dalam kualitas alat tes glukosa juga dapat termasuk kualitas strip tes, dan kemampuan alat dalam menyesuaikan pada kondisi hematokrit atau jumlah sel darah merah dalam darah pasien. alat tes gula darah yang dapat menyesuaikan dengan keadaan hematokrit pasien diantaranya ialah alat tes gula darah yang memiliki kemampuan yang berbeda untuk menyesuaikan kegunaan dengan kondisi hematokrit pasien yang ekstrim, seperti anemia atau dehidrasi berat. Selain itu alat tes gula darah yang baik juga dapat menghindari gangguan saat pembacaan kadar glukosa, walaupun adanya zat lain yang terkandung dalam darah. Alat tes gula darah yang baik juga dapat beradaptasi jika melakukan tes pada ketinggian tertentu dan tahan terhadap gangguan suhu serta kelembapan udara. Dan yang tidak kalah penting ialah terdapat petunjuk penggunaan alat yang memudahkan pengguna untuk menggunakan alat tersebut.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • gayahidup.republika.co.id





Terima kasih untuk Like/comment FB :