Alat Pengukur Gula Darah

Alat pengukur gula darah dari berbagai produsen dicipatakan untuk memenuhi kebutuhan akan pemeriksaan kadar gula darah. Alat pengukur gula darah umumnya pada masa sekarang ini dilakukan secara modern. Berbeda dengan zaman dahulu dimana alat pengukur gula darah dilakukan secara tradisional dengan membandingkan warna yang terjadi pada sampel dengan warna standara yang tersedia. Pada masa sekarang ini alat pengukur gula darah yang digunakan tidak harus membandingkan warna yang terjadi pada sampel dengan warna standar. Hasil dari pengukuran gula darah dapat langsung terlihat dari layar monitor mesin dalam bentuk angka. Angka tersebut menunjukkan kadar gula darah dari pasien yang diperiksa.

Alat pengukur gula darah yang paling sering kita gunakan saat ini tergolong ke dalam alat tes gula darah yang modern. Pasalnya hasilnya langsung terlihat di layar dan pengukuran hanya memerlukan waktu beberapa detik. Selain itu pengukuran gula darah dengan menggunakan alat tes gula darah tergolong lebih murah dan hemat waktu. Karena kita tidak perlu mengantri di rumah sakit atau klinik untuk melakukan pemeriksaan gula darah ini.


 Alat Pengukur Gula Darah
Alat cek gula darah Gluco Dr

Strip cek gula darah Gluco Dr

Memilih Alat Pengukur Gula Darah

Berbagai kriteria yang perlu dimiliki alat pengukur gula darah agar menjadi alat pengukur gula darah yang banyak dipilih untuk digunakan dalam pemeriksaan kadar gula darah. Alat pengukur kadar gula darah yang dipilih biasanya memiliki kriteria seperti harga yang mudah dijangkau, menggunakan tenaga baterai, awet dalam penggunaannya, memiliki garansi dan lain sebagainya.

Apabila dilihat dari beberapa kriteria tersebut, kriteria hargalah yang biasa diperhatikan pertama kali oleh calon pembeli alat pengukur gula darah. Setelah itu barulah kualitas yang ditawarkan oleh alat pengukur kadar gula darah tersebut. Namun ada pula calon pembeli yang melihat kualitas yang ditawarkan oleh alat pengukur kadar gula darah tanpa melihat harga yang ditawarkan dari alat tersebut.

Alat pengukur kadar gula darah yang dipilih sebaiknya dilihat dari kualitas yang ditawarkan oleh alat tersebut. Misalnya saja alat tersebut dapat melakukan pengukuran kadar gula darah yang lebih banyak dalam waktu sehari, penggunaan sumber energi atau tenaga baterai yang irit, serta awet atau tahan lama. Selain itu sebaiknya memilih alat pengukur kadar gula darah ialah alat yang mempunyai jaminan atau garansi terhadap kerusakan yang bersumber dari produsen alat tersebut. Dan pastikan jaminan atau garansi yang ditawarkan berlaku dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kriteria pemilihan alat pengukur gula darah ini sebaiknya perlu diperhatikan oleh para pasien dengan penyakit diabetes mellitus atau gula darah tinggi. Pasalnya pasien dengan penyakit tersebut perlu memiliki alat pengukur kadar gula darah untuk memantau kadar gula darah yang dimilikinya. Karena pada pasien dengan penyakit gula darah tinggi atau diabetes mellitus diharuskan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darahnya. Bahkan tak jarang dari mengkonsumsi obat-obatan penurun kadar gula darah dapat membuat pasien tersebut mengalami hipoglikemi. Maka untuk menghindari terjadinya hipoglikemi, perlu dilakukan pemantauan secara berkala mengenai kadar gula darah yang dimiliki oleh pasien tersebut.

Langkah terbaik untuk pasien dengan penyakit diabetes mellitus atau gula darah tinggi dalam memantau kadar gula darahnya, maka alat pengukur gula darah ini perlu dimiliki oleh pasien tersebut. Karena hal ini dapat menghemat waktu maupun biaya dari pemeriksaan kadar gula darah yang dilakukan.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • tokoalkes.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :