Alat Cek Gula Darah yang Bagus

Alat cek gula darah yang bagus menjadi standar dalam pemilihan alat untuk mengecek kadar gula darah di dalam tubuh, khususnya kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit gula atau diabetes mellitus. Alat cek gula darah yang bagus umumnya dinilai dari kualitas alat cek gula darah yang bagus tersebut. Alat cek gula darah ini umumnya pula harus dimiliki oleh penderita penyakit gula atau diabetes sebagai upaya untuk memonitor kadar gula darah yang dimilikinya. Pemantauan kadar gula darah pada pasien dengan penyakit gula ini sangat penting dikarenakan agar tidak terjadi hipoglikemi akibat dari mengkonsumsi obat-obatan penurun kadar gula darah.



Alat Cek Gula Darah yang Bagus
Strip tes gula darah nesco

Alat cek gula darah yang bagus mencerminkan kualitas yang dimiliki oleh alat tersebut. Kualitas bukan dilihat dari merknya saja. Melainkan dari spesifikasi yang ditawarkan oleh alat tersebut. Misalnya saja seperti alat tersebut dapat melakukan pengukuran kadar gula darah dalam waktu yang tergolong singkat. Hal ini menjadi salah satu cerminan dari kualitas yang dimiliki oleh alat tersebut.

Memilih Alat Cek Gula Darah yang Bagus 

Memilih alat cek gula darah yang bagus menjadi suatu perkara yang tidak mudah. Apalagi terutama bagi calon pembeli yang baru pertama kali akan membeli alat cek gula darah yang bagus ini. Biasanya pelayan toko yang menjuala alat cek gula darah akan merekomendasikan terhadap suatu alat yang dapat dikategorikan sebagai alat cek gula darah yang bagus. Namun jangan begitu saja percaya dengan apa yang direkomendasikan. Kita harus mengecek alat tersebut terlebih dahulu. Apabila dari hasil pengecekan alat tersebut sesuai dengan apa yang direkomendasikan, barulah kita dapat percaya dan memilih alat cek gula darah yang bagus tersebut.

Pada dasarnya memilih alat cek gula darah yang bagus berdasar pada tingkat akurasi, kulaitas strip tes dan kemampauan alat dalam menyesuaikan keadaan pasien. sangatlah jelas bila tingkat akurasi menjadi pertimbangan pertama dalam memilih alat cek gula darah yang bagus. Pasalnya setiap alat cek gula darah dituntut harus dapat melakukan pengukuran seakurat mungin. Karena apabila hasil yang dihasilkan dari pengukuran kadar gula darah tidak akurat maka akan berakibat kepada pemberian penanganan yang salah terhadap pasien.

Penanganan yang salah pada pasien dapat berakibat fatal. Misalnya saja sebagai contoh bila terdapat seorang pasien yang diukur kadar gula darahnya dengan menggunakan alat tes gula darah yang tidak akurat menghasilkan nilai kadar glukosa yang tergolong normal. Padahal seharusnya pasien tersebut memiliki kadar gula darah yang tinggi. Maka penanganan yang dilakukan pun akan salah. Bisa saja dokter yang mengelolanya tidak memberikan terpai apapun karena kadar gula darahnya normal. Namun sebenarnya pasein tersebut perlu diberikan terapi obat penurun gula darah karena sebenarnya kadar gula darahnya tergolong tinggi.

Selain itu kualitas strip tes juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih alat cek gula darah yang bagus. Strip tes yang bagus ialah strip tes yang dapat bekerja dalam kondisi terdapat kandungan lain dalam sampel darah dan tahan lama walaupun tidak digunakan. Selain itu, alat cek gula darah yang bagus juga harus dapat dapat menyesuaikan dengan keadaan hematokrit pasien diantaranya ialah alat tes gula darah yang memiliki kemampuan yang berbeda untuk menyesuaikan kegunaan dengan kondisi hematokrit pasien yang ekstrim, seperti anemia atau dehidrasi berat. Alat cek gula darah yang bagus dapat menghindari gangguan saat pembacaan kadar glukosa, walaupun adanya zat lain yang terkandung dalam darah. Alat cek gula darah yang bagus dapat beradaptasi jika melakukan tes pada ketinggian tertentu dan tahan terhadap gangguan suhu serta kelembapan udara. Selain itu alat cek gula darah yang bagus disertai dengan buku petunjuk penggunaan alat yang memudahkan pengguna untuk menggunakan alat tersebut.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • gayahidup.republika.co.id





Terima kasih untuk Like/comment FB :