Alat Cek Darah

Alat cek darah pada umumnya disesuaikan dengan jenis pemeriksaan darah yang dilakukan. Namun pada satu alat cek darah, terkadang dapat melakukan beberapa pemeriksaan. Misalnya saja pemeriksaan kadar gula darah, kadar asam urat, dan kadar kolesterol. Alat cek darah yang digunakan utnuk memeriksa kadar gula darah, asam urat dan kolesterol tersebut harus diperhatikan penggunaan dan perawatannya agar tidak mudah rusak. Namun sebaiknya alat cek darah ini juga tidak digunakan beberapa kali pengukuran dalam waktu sehari atau melebihi kapasitas yang dianjurkan oleh produsen alat cek darah tersebut karena akan mempercepat kerusakan alat.



Alat Cek Darah
Alat cek gula darah easy touch GCU

Strip cek gula darah easy touch GCU


Seperti halnya manusia, apabila sudah bekerja harus di istirahatkan terlebih dahulu. Begitu juga dengan alat cek darah tidak serta merta harus selalu digunakan untuk pengukuran atau pemeriksaan yang menggunakan sampel darah. Sehingga pada alat cek darah terseebut perlu diistirahatkan terlebih dahuu. Karena penggunaan alat dari cek darah secara berulang dan terus-menerus akan sering terjadi eror pada alat tersebut.

Alat Cek Darah (Kadar Gula)

Alat cek darah seperti untuk pemeriksaan kadar gula darah dalam tubuh, pada masa sekarang ini dilakukan secara otomatis. Pasalnya dalam pemeriksaan gula darah dengan menggunakan alat cek darah gula darah hasil dari pengukuran akan tertera pada monitor mesin. Dan hasil tersebut juga akan disimpan pada memory mesin yang digunakan tersebut. Sehingga kita dapat merekaHal ini juga dapat menghemat waktu dan biaya dalam melakukan pengukuran kadar gula darah.

Alat cek darah untuk mengetahui kadar gula darah ini biasanya pada sampel pemeriksaan kadar gula darah di ambil dari ujung jari atau pembuluh darah perifer. Karena sampel yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah ini tidak memerlukan sampel darh yang banyak. Alat cek darah untuk mengukur kadar gula darah teridiri dari strip tes gula darah, dan mesin untuk mengukur kadar gula darah yang diperiksa. Strip tes gula darah perlu diperhatikan agar tidak tertukan dengan strip tes yang lainnya misalnya saja tertukar dengan strip tes asam urat dan kolesterol. Apabila hal ini terjadi maka akan mengakibatkan hasil pengukuran kadar gula darah yang tidak akurat bahkan dapat membuat mesin menjadi eror.

Eror akan terjadi bila pemeriksaan yang dilakukan tidak sesuai dengan petunjuk yang ada pada alat tersebut. Sehingga bila terjadi eror maka pemeriksaan kadar gula darah harus diulang kembali. Dan pengambilan sampel darah pun harus dilakukan pada ujung jari yang berbeda. Cara pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan kadar gula darah dilakukan dengan menggunakan blood lancet. Blood lancet ini bersifat steril. Sebelum melakukan penusukkan pada ujung jari dengan menggunakan blood lancet, pertama-tama bersihkan dahulu area dari ujung jari yang akan ditusuk dengan menggunakan kapasa alkohol. Setelah itu, biarkan bekas kapas alkohol mengering terlebih dahulu, kemudian tususk ujung jari dengan menggunakan blood lancet. Darah yang keluar pertama diusap dengan menggunakan tisu kering, barulah darah yang keluar kedua yang diambil dan dijadikan sebagai sampel untuk pemeriksaan kadar gula darah. Taruh sampel darah tersebut pada strip tes gula darah.

Setelah sampel darah tersebut disimpan pada strip tes gula darah, selanjutnya masukkan strip tes tersebut ke dalam mesin alat tes gula darah. Sebelumnya alat tersebut telah diset untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah bila menggunakan alat yang dapat melakukan 3 pemeriksaan seperti gula darah, asam urat dan kolesterol. Nanti secara otomatis dalam beberapa detik hasil dari pengukuran kadar gula darah akan keluar dengan sendirinya melalui layar monitor mesis tersebut.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • tokoalkes.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :