Penyakit Gula

Penyakit gula merupakan penyakit yang disebabkan sebagai akibat dari kadar gula di dalam tubuh yang tidak normal. Penyakit gula yang paling terkenal ialah penyakit diabetes mellitus. Penyakit diabetes mellitus ini merupakan salah satu penyakit pembunuh terbanyak di Indonesia. Penyakit gula ini dapat terdeteksi dari pemeriksaan kadar gula darah di dalam tubuh. Pemeriksaan ini pada umumnya dapat dilakukan melalui 2 cara yaitu dengan pengujian strip dan dengan pengujian meteran. Pengujian dengan strip maupun dengan meteran akan menghasilkan hasil pengukuran kadar gula darah yang akurat.


Penyakit Gula

Strip tes glukosa Nesco

Pemeriksaan Penyakit Gula

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa penyakit gula dapat di deteksi dengan 2 cara yitu dengan pemeriksaan uji strip dan pemeriksaan uji meteran. Pada metode ini, keduanya menggunakan sampel darah yang diambil dari ujung jari atau pembuluh darah perifer. Pengambilan darah untuk melakukan pemeriksaan penyakit gula diambil dengan cara menusukkan jarum pada ujung dari atau pembuluh darah perifer lalu meletakkan setes darah dari ujung jari tersebut pada tempat pemeriksaan.

Dalam mengambil sampel darah dari ujung jari, usahakan agar posisi dari jari tangan tersebut berada dibawah jantung agar sirkulasi darah yang terjadi pada tangan dapat berjalan dengan optimal sehingga darah yang dijadikan sampel dapat keluar dengan mudah. Kemudian, bila pnegukuran kadar gula untuk mendeteksi penyakit gula dilakukan beberapa kali dalam sehari, maka gantilah tempat pengambilan sampel darah tersebut pada ujung jari lainnya atau ujung jari tangan lainnya. Sisi atau ujung dari dijadikan tempat pengambilan sampel darah dalam pemeriksaan glukosa darah untuk mendeteksi penyakit gula karena hal itu merupakan tempat yang terbaik dan tidak menimbulkan rasa sakit yang terlalu besar.

Berikut terdapat gambaran umum mengenai cara melakukan pemeriksaan glukosa darah untuk mendeteksi penyakit gula yaitu sebagai berikut :

  • Cara pemeriksaan dengan uji strip
Langkah pertama yang dilakukan untuk memeriksa kadar glukosa darah untuk mendeteksi penyakit gula dengan menggunakan cara uji strip dilakukan dengan mengambil sampel darah terlebih dahulu. Setelah jarum ditusukkan pada ujung jari, darah dari ujung jari tersebut akan keluar. Kemudian darah tersebut diteteskan pada strip uji yang mengandung suatu senyawa kimia. Jangan sampai tangan menyentuh strip uji, yang menyentuh strip uji hanyalah sampel darah yang di ambil dari ujung jari. Setelah itu, kita tunggu agar strip uji tersebut berubah warna. Kemudian setelah strip uji berubah warna, maka lakukan pencocokan warna yang dihasilkan strip uji dengan grafik warna standar yang ada pada botol. Standar warna yang ada pada botol menunjukkan berbagai kadar gula darah. Pilihlah warna yang paling cocok dengan standar warna yang ada pada botol. Hal ini disebut dengan pembacaan visual, karena kita dituntut untuk mencari kecocokkan antara hasil warna dari strip uji dan warna standar.
  • Cara pemeriksaan dengan uji meteran
Langkah pertama yang dilakukan untuk memeriksa kadar glukosa untuk mendeteksi penyakit gula dengan menggunakan uji meteran dilakukan dengan mengambil sampel darah terlebih dahulu. Pada pemeriksaan kadar glukosa darah untuk mendeteksi penyakit gula ini tidak perlu melakukan pembacaan visual. Karena hasil dari pengukuran akan terlihat dari monitor mesin secara otomatis. Kita hanya cukup meneteskan sampel darah yang diambil dari ujung jadi pada strip test. Lalu masukkan strip test pada mesin kemudian tunggu beberapa detik sampai hasilnya terlihat di layar monitor mesin.



Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • kadarguladarahnormal.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :