Penyakit Gula Kering

Penyakit gula kering dikenal oleh masyarakat umum sebagai penyakit diabetes mellitus tipe 2. Pada umumnya baik penyakit gula kering dan gula basah sebenarnya merupakan penyakit diabetes mellitus tipe 2. Orang akan mengatakan bahwa penderita penyakit diabetes sebagai penyakit gula kering apabila profil dari penderita yang di dapatkan ialah badannya kurus, terjadi penurunan berat badan yang drastis sehingga terlihat kering kerontang. Selain itu orang akan mengatakan bahwa seseorang menderita penyakit gula kering karena pada penyakit gula kering belum terdapat luka sedangkan pada penyakit gula basah sudah terdapat luka yang sukar untuk sembuh dan bersifat basah.


Informasi harga dan pembelian alat cek gula darah klik disini

Alat tes gula darah accu check

Penyakit Gula Kering
Strip tes gula darah accu check

Sebenarnya baik penyakit gula kering maupun gula basah sebenarnya hanya istilah yang dikemukakan oleh masyarakat. Tidak ada pembedaan terhadap penyakit diabetes berdasarkan kering atau basah. Dalam dunia medis penyakit diabetes ini dibedakan atas penyakit diabetes tipe 1, penyakit diabetes tipe 2, dan sekarang ada yang dikenal dengan penyakit diabetes tipe 3.

Tanda Gejala Penyakit Gula Kering

Tanda gejala dari penyakit gula kering sebenarnya merupakan tanda gejala dari penyakit diabetes tipe 2. Penyakit diabetes tipe 2 itu sendiri merupakan penyakit yang terjadi karena ketidakmampuan pankreas untuk menghasilkan hormon insulin yang cukup, sehingga penyaluran glukosa ke setiap sel-sel tubuh menjadi tidak optimal dan menyebabkan terdapatnya timbunan glukosa yang menyebabkan tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Tanda gejala penyakit gula kering ini meliputi :
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi. 
  • Lebih sensitif terhadap berbagai hal. 
  • Sering buang air kecil. 
  • Peningkatan rasa lapar dan dehidrasi. 
  • Mulut kering dan bau nafas. 
  • Penglihatan tidak jelas. 
  • Sering merasa pegal-pegal dan keletihan.  
  • Sering merasa gatal-gatal. 
  • Sering terkena sakit kepala.
Tanda gejala penyakit gula kering tersebut sebenarnya juga termasuk ke dalam tanda gejala dari penyakit gula basah yang sama-sama merupakan penyakit diabetes mellitus tipe 2. Yang membedakan antara penyakit gula kering dengan basah ialah pada gula kering belum ada infeksi luka, sedangkan gula basah sudah terdapat infeksi luka bahkan keadaannya bisa sampai parah dan menyebabkan harus diamputasi.

Penyakit diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini dianggap sebagai salah satu penyakit pembunuh tertinggi di negara kita. Penyakit diabetes tipe 2 ini merupakan penyakit genetik. Apabila dalam satu keluarga terdapat orang yang menderita penyakit diabetes tipe 2, maka terdapat kemungkinan anggota keluarga lainnya dapat mengalami hal yang sama. Namun hal ini dapat dicegah melalui pola hidup sehat. Sangat pendting bagi anggota keluarga lain yang belum terkena penyakit diabetes ini untuk melakukan gaya hidup sehat terutama dalam pengaturan pola makan. Karena fartor utama yang dapat mencetuskan penyakit diabetes ini ialah asupan makanan sehari-hari.

Pola makan yang sebaiknya diterapkan untuk mencegah penyakit diabetes ini ialah melakukan diet rendah lemak. Selain dengan mengatur pola makan, cara mencegah terjadinya penyakit diabetes ialah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal dengan melakukan olahraga.

Perlu diwaspadai oleh orang-orang dnegan usia 30 tahun ke atas. Karena penyakit diabetes terutama diabetes tipe 2 ini banyak di derita oleh golongan usia diatas 30 tahun. Maka dari itu lakukan tindakan pencegahan ini sedini mungkin. Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan selalu lakukan cek gula darah secara rutin dan selalu lakukan pengontrolan kadar gula darah.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • necturajuice.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :