Menurunkan Gula Darah

Menurunkan gula darah merupakan solusi yang terbaik dalam mengatasi penyakit gula darah tinggi atau diabetes. Menurunkan gula darah ini harus dilakukan oleh para penderita penyakit gula darah tinggi atau diabetes. Berbagai cara dapat dilakukan oleh penderita penyakit gula darah tinggi untuk menurunkan kadar gula darahnya. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar dari gula darah tersebut. Makanan yang tergolong dapat menurunkan kadar gula darah diantarany ialah buah-buahan seperti buah dari golongan berry, kiwi dan lain sebagainya.

Menurunkan gula darah ini menjadi suatu perkara yang tidak mudah untuk penderita penyakit gula darah tinggi atau diabetes. Karena dalam menurunkan kadar gula yang ada dalam darahnya tersebut memerlukan konsistensi atau kepatuhan dari penderita penyakit gula darah tinggi untuk melakukan terapi.


Menurunkan Gula Darah
Strip tes gula darah nesco

Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif

Berikut terdapat beberapa cara menurunkan gula darah yang efektif untuk dilakukan para penderita penyakit gula darah tinggi. Cara-cara tersebut meliputi :

  • Gaya hidup sehat
Gaya hidup sehat menjadi modal yang paling mudah dan paling murah dalam menurunkan gula darah penderita penyakit gula darah tinggi. Dalam gaya hidup sehat ini, yang harus dilakukan oleh penderita penyakit gula darah tinggi ialah menerapkan pola makan yang mengandung gizi seimbang. Asupan makanan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap jumlah kalori yang masuk dan mempengaruhi kadar gula dalam darah. Tentunya untuk menyeimbangkan antara asupan gizi dan kalori. Perlu dilakukan pembakaran kalori dengan cara melakukan olahraga. Olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita penyakit gula darah tinggi ini ialah oleharaga seperti jalan kaki, jogging, sepeda, dan renang. Olahraga tersebut telah terbukti dapat membakar kalori yang ada di dalam tubuh.
  • Obat hipoglikemik oral atau OHO
Mengkonsumsi obat hipoglikemik oral atau OHO ini dapat dijadikan sebagai cara untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Pemberian obat ini akan dilakukan apabila dari gaya hidup sehat tidak mampu untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Terdapat beberapa contoh dari obat yang tergolong ke dalam obat hipoglikemik oral yaitu sulfonilurea, biguanida, dan inhibitor alfa-glukosida. Obat-obatan yang termasuk ke dalam golongan dari sulfonilurea adalah asetoheksamida, klorpropamida, glibenklamida, gliklazida, tolzamida, tolbutamida, dan lain-lain. Ke semua obat tersebut walaupun berada dalam satu golongan yang sama, memiliki sifat atau karakter yang berbeda. Untuk golongan obat dari biguanida contohnya ialah metformin. Metformin ini bekerja dengan cara menurunkan penyerapan karbohidrat dan memajukan oksidasi karbohidrat di dalam jaringan. Sedangkan untuk obat golongan inhibitor alfa glukosida contohnya ialah akarbose. Akarbose bekerja dengan cara memperlambat penyerapan karbohidrat dari usus dan biasanya direkomendasikan bagi mereka yang memiliki asupan karbohidrat tinggi.
  • Obat insulin
Menurunkan kadar gula dalam darah dengan menggunakan obat insulin ini dilakukan apabila baik gaya hidup sehat maupun pemberian obat hipoglikemik oral tidak dapat menurunkan kadar gula dalam darah penderita penyakit gula darah tinggi. Pemberian obat insulin ini biasanya dilakukan dengan bantuan dari tenaga medis ataupun paramedis untuk menyuntikkan obat insulin tersebut ke dalam jaringan kulit. Dalam menurunkan gula darah, insulin tergolong obat yang memiliki reaksi paling cepat untuk menurunkan kadar dari gula darah. Insulin ini juga tergolong menjadi beberapa golongan diantaranya ialah insulin kerja cepat, insulin kerja sedang dan insulin kerja lambat. Contoh insulin kerja cepat ialah insulin reguler, yang bekerja paling cepat dan paling sebentar. Contohnya insulin kerja sedang ialah insulin suspensi seng atau suspensi insulin isofan. Dan insulin kerja lambat contohnya adalah insulin suspensi seng yang telat dikembangkan.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • langkahsehat.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :