Makanan Penurun Gula Darah

Makanan penurun gula darah pada umumnya merupakan makanan yang tergolong ke dalam makanan yang mengandung sedikit glukosa atau glukosa rendah. Makanan penurun gula darah ini memiliki khasiat dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Makanan ini apabila dikonsumsi oleh penderita penyakit gula darah maka dapat menurunkan kadar gula dalam darahnya tersebut. Kadar gula darah ini selain dapat ditunkan dengan memakan makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah, juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.


Makanan Penurun Gula Darah
Alat cek gula darah accu check

Strip cek gula darah accu check


Obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah ini mengandung zat yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Obat-obatan yang biasanya digunakan dalam menurunkan kadar gula dalam darah diantaranya ialah pemberian obat hipoglikemik oral dan obat insulin. Salah satu contoh dari obat hipoglikemik oral ini ialah metformin. Sedangkan untuk insulin biasanya diberikan dalam bentuk cair yang di suntikkan dalam jaringan kulit.

Pemberian obat hipoglikemik oral atau OHO biasanya dilakukan dengan aturan diberikan dalam jangka 2 minggu. Diberikan obat hipoglikemik oral apabila diet dan olahraga tidak dapat menurunkan kadar dari gula dalam darah. Sedangkan pemberian insulin baru akan diberikan apabila baik diet atau aktifitas fisik maupun obat hipoglikemik oral tidak dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk pemberian insulin ini, biasanya diperlukan bantuan ahli medis atau paramedis untuk menyuntikkan obat insulin tersebut. Disamping itu apabila dilihat dari biaya, pemberian obat insulin ini merupakan biaya pengobatan yang mahal dibandingkan pemberian obat hipoglikemik oral.

Jenis Makanan Penurun Gula Darah

Berbagai jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan penurun gula darah. Makanan tersebut biasanya berbahan dasar dari tanaman seperti sayuran ataupun buah-buahan yang dapat menurunkan kadar gula di dalam darah.berikut terdapat beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan penurun gula darah diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Makanan dari gandum dan oatmeal
Makanan dari gandum dan oatmeal ini ialah makanan yang mengandung kadar gula yang rendah. Selain itu makanan ini juga mengandung serat larut yang tinggi yang dapat menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan data dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalamsetengah cangkir dari oatmeal mengandung serat larut sebanyak 3 gram, satu sachet oatmeal mengandung serat larut sebanyak 1 gram.
  • Buah-buahan tertentu
Beberapa jenis buah-buahan tertentu seperti buah mangga, apel, kiwi, prem, beri hitam, pir, raspberry, strawberri, aprikot, persik, anggur dan jeruk termasuk ke dalam jenis buah-buahan yan mengandung banyak serat dan dapat menurunkan kadar gula dalam darah apabila dikonsumsi secara teratur.
  • Produk biji Psilium
Makanan yang berasal dari produk biji psilium mengandung banyak serat. Dalam takaran satu sendok teh dari psilium ini mengandung 3 gram serat larut.
  • Berbagai jenis kacang
Berbagai jenis sayuran yang tergolong ke dalam kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang kranbei, butterbean, kacang panggang kaleng, kacang hitam, kacang pinto, kacang polong dan lain sebagainya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Gandum hitam
Selain kacang-kacangan gandum hitam juga dapat menuurnkan kadar gula dalam darah.
  • Beberapa jenis sayuran
Beberapa jenis sayuran seperti kubis, kacang polong, brokoli, wortel, articok, umbi seledri, ubi, par-snip, lobak china, labu acorn, kentang, kacang hijau prancis, kembang kol, asparagus, but, dan lain sebagainya dapat dijadikan sebagai makanan penurun gula darah.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • obatdiabetesmelitus.net





Terima kasih untuk Like/comment FB :