Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang dimiliki setiap orang akan berbeda-beda. Hal ini bergantung pada asupan makanan yang mengandung glukosa dan tingkat aktifitas yang dilakukan. Kadar gula darah ini menjadi salah satu indikator terpenting dalam menentukan suatu penyakit. Misalnya saja penyakit diabetes. Dikatakan seseorang menderita penyakit diabetes apabila terdapat salah satu atau beberapa tanda gejala penyakit diabetes yang disertai dengan kadar dari gula darah yang tinggi. Adapun tanda gejala dari penyakit diabetes ini ialah penderita sering merasakan kehausan, sering buang air kecil, merasakan lapar yang berlebihan, mulut kering dan otot terasa pegal akibat dehidrasi.

Selain itu tanda gejala lainnya yang biasa terjadi dari penyakit diabetes adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, sakit kepala akibat dari hipertensi, sensitif terhadap berbagai hal, penurunan berat badan yang drastis dan sering merasa gatal-gatal. Pasien dengan penyakit diabetes mellitus akan memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi. Kadar gula darah yang tinggi memiliki nilai yaitu melebihi 200 mg/dl.

Informasi harga dan pembelian alat cek gula darah klik disini


Alat tes glukosa gluco Dr

Kadar Gula Darah
Strip tes glukosa gluco Dr

Klasifikasi Nilai Kadar Gula Darah Normal

Kadar normal gula darah yang dihasilkan dari setiap pemeriksaan akanmemiliki batas atau nilai yang berbeda. Karena pengukuran kadar gula darah dapat dilakukan dalam berbagai situasi sesuai dengan kondisi pasien pada saat itu. Misalnya saja pengukuran kadar dari gula darah saat pasien sedang puasa akan menghasilkan batasan kada normal yang berbeda dengan pengukuran yang dilakukan setelah pasien makan.

Berikut terdapat beberapa klasifikasi dari nilai kadar normal dari gula darah yang sering dilakukan untuk pemeriksaan yaitu sebagai berikut :
  • Kadar normal gula darah sebelum makan
Kadar dari gula darah yang diukur sebelum pasien makan disebut sebagai kadar gula sebelum makan. Kadar gula sebelum makan ini dikatakan normal apabila memiliki nilai 70-130 mg/dl.
  • Dua jam setelah makan
Kadar dari gula darah yang diukur pada saat 2 jam setelah pasien makan dinamakan kadar gula darah dua jam setelah makan. Kadar gula dua jam seteah makan memiliki nitai yang normal yaitu kurang dari 180 mg/dl.
  • Setelah tidak makan atau puasa
Kadar dari gula darah yang diperiksa setela tidak makan atau puasa selama kurang lebih 8 jam. Normanya kadar tersebut bernilai kurang dari 100 mg/dl
  • Menjelang tidur
Kadar dari gula darah yang diukur pada saat menjelang tidur pasien disebut dengan kadar gula darah menjelang tidur. Normalnya gula darah ini mengandung kadar 100-140 mg/dl.

Kadar dari gula darah sebenarnya dapat dikontrol. Sebaiknya kegiatan untuk mengontrol kadar dari gula darah ini dilakukan sedini mungkin sebelum kadar dari gula darah tersebut meningkat. Apabila hal ini sudah terjadi, maka akan sangat sulit sekali untuk menurunkan kadar dari gula darah.
Kalaupun kadar dari gula darah dapat diturunkan, hal ini membutuhkan proses dengan waktu yang tidak sedikit. Sehingga dibutuhkan konsistensi dalam melakukan kegiatan untuk menurunkan kadar dari gula darah tersebut. Pengontrolan kadar dari gula darah ini mempunyai tujuan utama agar pasien tidak mengalami baik itu hipoglikemia maupun hiperglikemia. Hipoglikemia merupakan keadaan dimana pasien memiliki kadar dari gula darah yang rendah sedangkan hiperglikemia merupakan keadaan dimana pasien memiliki kadar dari gula darah yang tinggi. Sehingga sangat penting sekali untuk mengontrol dan memantau kadar dari gula darah kita dengan mengikuti suatu pemeriksaan kadar dari gula darah dengan menggunakan alat cek gula darah.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • alodokter.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :