Kadar Gula Darah Normal

Kadar gula darah normal pada umumnya memiliki kadar dibawah 200 mg/dl. Namun kadar gula darah normal pada situasi atau kondisi tertentu akan berbeda-beda. Misanya pada kadar gula darah normal sebelum makan memiliki kadar berkisar antara 70 sampai dengan 130 mg/dl. Kadar gula darah dua jam setelah makan normalnya memiliki kadar kurang dari 180 mg/dl. Kadar gula darah setelah tidak makan atau puasa setidaknya 8 jam memiliki kadar kurang dari 100 mg/dl. Kadar gula darah menjelang tidur normalnya memiliki kadar 100-140 mg/dl.

Kadar gula darah normal tersebut dapat dijadikan standar dalam menentukan kadar gula darah yang tidak normal. Apabila kadar gula darah yang diperoleh dari hasil pemeriksaan dapat mengakibatkan terjadinya hipoglikemia. Dan apabila kadar gula darah melebihi normal maka dapat mengakibatkan terjadinya hiperglikemia. Seseorang yang terkena hipoglikemia akan memiliki kadar gula darah dibawah 70 mg/dl, sedangkan seseorang yang mengalami hiperglikemia akan memiliki kadar gula darah diatas 200 mg/dl.


Kadar Gula Darah Normal
Alat cek gula darah glucoDr

Strip cek gula darah glucoDr


Pada penderita hipoglikemia akan menunjukkan beberapa gejala yang menandakan hipoglikemia, yaitu tubuh yang terasa lemas, kulit menjadi pucat, keluar keringat, merasa kelelahan, merasa kelaparan, merasa gelisah, sulit untuk berkonsentrasi, mudah marah atau emosi, merasa kesemutan pada area mulut, tidak dapat berdiri atau berjalan sendiri, kejang, dan jantung terasa berdebar. Pada penderita hiperglikemia akan mengalami beberapa gejala yang menunjukkan ke arah hiperglikemia, yaitu berat badan tubuh yang berkurang, nafsu makan yang meningkat, tubuh terasa lelah, merasa haus, sering buang air kecil, mudah merasa gelisah, penglihatan menjadi buram, kulit jadi mengering, kulit memerah, mudah terasa panas, dan sering terjadi infeksi gigi.

Cara Mempertahankan Kadar Gula Darah Normal

Mempertahankan kadar gula darah normal sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan agar terhindar dari terjadinya hipoglikemia maupun hiperglikemia. Beberapa cara dapat dilakukan agar dapat mempertahankan kadar gula darah normal. Cara untuk mempertahankan kadar gula darah normal tersebut dapat dilakukan sebagai berikut ini:

  • Berolahraga
Olahraga yang rutin dapat mempertahankan kadar gula darah normal. Sangat dianjurkan untuk melakukan oleahraga sedikitnya dalam waktu 2,5 jam perminggunya dan dilakukan secara teratur. Namun olahraga tersebut jangan dilakukan secara berlebihan karena dapat memicu terjadinya hipoglikemia.
  • Memperhatikan asupan karbohidrat
Asupan karbohidrat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat mengontrol kadar gula darah agar tetap normal. Pilihlah jenis karbohidrat kompleks yang dapat dicerna dalam waktu yang lama. Jenis karbohidrat yang dapat dikonsumsi diantaranya ialah ubi, pasta gandum, nasi merah. Selain itu kacang-kacangan seperti kacang almond juga merupakan sumber karbohidrat yang dapat mengontrol kadar gula darah.
  • Makan tepat waktu
Sempatkan untuk makan sesuai dengan jamnya. Jangan tinggalkan sarapan karena sarapan sangat berguna sebagai energi yang di dapatkan sebelum melakukan berbagai aktifitas. Selain itu, bila kita menunda sarapan maka akan menyebabkan rasa lapar yang berlebihan pada jam berikutnya. Rasa lapar tersebut membuat Anda akan makan dalam porsi yang lebih banyak dari pada biasanya. Sehingga, akibat hal ini, dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Agar kadar gula darah Anda tetap dalam kadar gula darah normal, anda dapat makan sebanyak tiga kali sehari ditambah dua cemilan yang bernutrisi di sela-sela jam-jam makan. Hal ini dapat membantu mempertahankan kadar gula darah normal Anda. Sehingga Anda terhindar dari hiperglikemia.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • alodokter.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :