Gula Darah

Gula darah diperoleh sebagai hasil dari metabolisme karbohidrat. Gula darah terkandung di dalam darah dan digunakan sebagai energi bagi sel-sel di dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya masing-masing. Gula darah ini menunjukkan konsentrasi gula yang ada baik dalam darah ataupun dalam serum. Gula darah umumnya akan bertahan pada kadar yang normal sepanjang hari. Kadar normalnya berkisar antara 70-150 mg/dl. Kemudian kadarnya akan meningkat apabila kita makan. Namun biasanya kadarnya akan rendah apabila diukur pada pagi hari sebelum sarapan.

Gula darah menjadi bahan bakar yang utama dalam menjalankan berbagai fungsi organ yang ada di dalam tubuh seperti otak, sistem saraf, serta jaringan tubuh yang lainnya. Gula dalam tubuh itu sendiri dihasilkan dari berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak.



Gula Darah
Macam-macam alat cek gula darah

Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi merupakan suatu keadaan yang menggambarkan kadar glukosa di dalam darah berada diatas normal. Normalnya gula darah yang dimiliki oleh seseorang berada pada nilai dibawah 200 mg/dl. Keadaan yang menjadikan gula darah tinggi dapat terjadi sebagai akibat dari asupan karbohidrat yang berlebihan. Glukosa di dalam tubuh akan digunakan oleh sel-sel tubuh untuk menjalankan fungsinya sebagai sumber energi utama. Apabila persediaan glukosa di dalam tubuh berlebihan maka dapat meningkatkan glukosa dalam tubuh.

Gula darah tinggi merupakan suatu sebutan dari penyakit diabetes mellitus. Pasalnya pada penyakit diabetes mellitus ini kadar gula darah yang dimiliki oleh penderita penyakit diabetes mellitus tergolong tinggi. Pada umumnya penyebab penyakit diabetes mellitus ini ialah pada umumnya berasal dari asupan makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Terutama makanan yang mengandung kadar gula berkalori tinggi.

Seseorang yang memiliki kadar glukosa yang tinggi dalam darahnya akan memiliki beberapa gejala seperti berat badan tubuh yang berkurang, nafsu makan yang meningkat, tubuh terasa lelah, merasa haus, sering buang air kecil, mudah merasa gelisah, penglihatan menjadi buram, kulit jadi mengering, kulit memerah, mudah terasa panas, dan sering terjadi infeksi gigi. Gejala-gejala tersebut merupakan gejala awal yang mengarah pada pneyakit diabetes mellitus.

Untuk menghindari agar glukosa darah tidak tinggi dapat dilakukan beberapa cara sebagai berikut :

  • Olahraga
Olahraga yang rutin dengan durasi 2,5 jam dalam satu harinya dapat menjaga agar kadar glukosa di dalam tubuh tidak meningkat. Sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes. Namun jangan sampai kita berolahraga sampai kelelahan. Karena bila kita berolah raga sampai kelelahan maka dapat menyebabkan kadar glukosa darah kita menjadi rendah dan terjadi hipoglikemia.
  • Menjaga asupan karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan mudah dicerna dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Untuk itu sebaiknya kita mnegkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang sulit untuk dicerna. Sehingga kadar glukosa dalam darah pun tidak mudah untuk meningkat.
  • Menghindari stres
Menghindari segala sesuatu yang dapat menyebabkan stres dapat menjauhkan kita dari hiperglikemia. Hubungan stres dengan terjadinya hiperglikemia ini belum ada penelitian pasti. Tetapi menurut beberapa ahli menyatakan bahwa stres dapat menyebabkan kadar glukosa darah tinggi berhubungan dengan stres yang dilampiaskan melalui asupan makanan yang berlebih. Dengan adanya stres biasanya terdapat beberapa orang yang meredakan stres tersebut melalui makan. Sehingga makan makanan yang berlebihan dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darah. Maka dari itu hindari stres dengan cara relaksasi melalui rekreasi ataupun cara lainnya yang tidak berpotensi meningkatkan kadar glukosa darah.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • alodokter.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :