Gula Darah Tinggi


Gula darah tinggi merupakan suatu keadaan dimana kadar gula darah dalam tubuh meningkat dari batas kadar gula darah normal. Gula darah tinggi ini bernilai melebihi 200 mg/dl. Gula darah tinggi berpotensi terhadap terjadinya penyakit diabetes mellitus. Gula darah tinggi atau diabetes ini dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan baik yang berbahan dasar dari kimia maupun obat-obatan dari bahan alami atau herbal. Dengan melakukan kedua terapi ini maka kadar gula darah tinggi dapat diturunkan. Namun dalam melakukan pengobatan perlu dilakukan pemeriksaan gula darah secara berkala untuk mendeteksi dini adanya hipoglikemi.

Gula Darah Tinggi
 Alat cek gula darah GlucoDR

Gula Darah Tinggi
Strip tes gula darah GlucoDR

Obat Gula Darah Tinggi Herbal

Obat gula darah tinggi yang berbahan dasar dari herbal, pada umumnya tidak menimbulkan efek samping yang banyak dibandingkan dengan menggunakan obat gula darah tinggi yang terbuat dari bahan kimia. Berikut terdapat beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati gula darah yang tinggi dengan menggunakan bahan-bahan alami atau herbal.

    Mengkonsumsi buncis
      Buncis merupakan sayuran yang memiliki rasa yang manis dan enak juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Di dalam sayuran buncis ini terkandung zat-zat yang dapat memproduksi insulin. Insulin itu sendiri merupakan sejenis hormon. Normalnya hormon insulin ini diproduksi secara alami di dalam tubuh tepatnya di organ pankreas. Fungsi dari hormon insulin ini ialah menurunkan kadar gula darah. Untuk itu bagi yang memiliki kadar glukosa darah tinggi, rajinlah untuk mengkonsumsi buncis.
        Mengkonsumsi kayu manis
          Kayu manis dapat dijadikan sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu dalam kayu manis mengandung senyawa yang dapat menghambat radikal bebas yang berbahaya untuk ketahanan tubuh kita. Sehingga dianjurkan untuk menambahkan kayu manis dalam masakan yang dibuat sehari-hari.
            Mengkonsumsi ginseng
              Ginseng merupakan tanaman yang termasuk ke dalam tanaman obat keluarga. Nyatanya, ginseng ini mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu ginseng juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
                Mengkonsumsi pare
                  Pare merupakan sayuran yang pahit namun banyak sekali manfaatnya. walaupun rasanya yang pahit, pare ini dapat memperbaiki sel beta pankreas yang merupakan penghasil hormon insulin yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Pare untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi dapat dikonsumsi dengan cara di jus. Cara membuatnya yaitu dengan menjus 200 gram pare kemudian ambil airnya untuk diminum. Namuan jangan terlalu sering untuk meminum jus pare ini. Karena apabila terlalu sering meminum jus pare maka dapat menyebabkan diare.
                    Mengkonsumsi labu
                      Buah labu ini dapat memperbaiki sel-sel pankreas penghasil hormon insulin yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Labu ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Indeks glikemik adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Cara mengolah labu: dengan membuat pie labu tambahkan kayu manis dan pala untuk mempertegas aroma pie. Ingat, tanpa gula dan minyak.
                        Mengkonsumsi mengkudu
                          Buah mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi dengan cara memperbaiki reseptor insulin yang tidak berfungsi. Buah mengkudu ini dapat dikonsumsi dnegan cara 2 buah mengkudu yang matang diparut dan diambil sarinya. Kemudian sari dari mengkudu tersebut diminum.

                          Itulah beberapa obat yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Tentunya obat herbal tersebut memiliki efek samping yang sangat sedikit sekalai sehingga aman untuk digunakan.



                          Oleh : Bidan Rina

                          Sumber :
                          • jamubiohsa.com





                          Terima kasih untuk Like/comment FB :