Gula Darah Normal

Gula darah normal merupakan kadar gula darah yang diharapkan ada di dalam tubuh. Kadar gula darah normal yang ada dalam tubuh ini berkadar dibawah 200 mg/dl, kadar tersebut merupakan kadar gula darah normal yang di periksa 2 jam setelah makan. Namun angka tersebut tidak dapat dijadikan sebagai patokan dari kadar normal dari gula darah, melainkan dapat berubah sesuai dengan kondisi saat dilakukan pemeriksaan kadar gula darah. Misalnya saja kadar gula darah normal akan berbeda apabila diperiksa saat sebelum makan dan saat sesudah makan.

Gula darah di dalam tubuh akan terbentuk sebagai akibat dari proses metabolisme karbohidrat menjadi glukosa atau gula sederhana yang kemudian diserap melalui aliran darah. Zat gula atau glukosa tersebut sangat penting dalam memberikan energi bagi sel-sel yang ada di dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya masing-masing. Zat gula ini dialirkan melalui darah menuju ke sel-sel tubuh dan sel tersebut menjadikan zat gula ini sebagai energi untuk menjalankan fungsinya.


Gula Darah Normal
Alat cek gula darah accu check

Untuk mencapai ke sel-sel yang ada di dalam tubuh, zat gula harus melewati suatu pintu. Pintu tersebut dapat dilewati oleh zat gula dengan bantuan suatu hormon yang bernama hormon insulin. Hormon insulin itu sendiri di hasilkan oleh kelenjar pankreas. Apabila zat gula ini telah berhasil memasuki pintu yang dibuka oleh hormon insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas, maka zat gula ini kemudian dibakar menjadi suatu energi yang dapat dipakai oleh tubuh. Apabila terjadi kelebihan kadar gula dalam tubuh, maka tubuh akan menyimpan kadar gula yang berlebih tersebut di dalam hati untuk digunakan di kemudian hari.

Batasan Gula Darah Normal

Kadar gula darah normal dapat menjadi patokan dalam menentukan penyakit diabetes atau kadar gula darah tinggi. Kadar gula darah normal ini diperoleh dari suatu hasi pemeriksaan yang mengambil sampel darah pasien untuk diperiksa kadar gula darahnya. Apabila dari hasil pemeriksaan tersebut di dapatkan kadar gula darah diatas kadar gula darah normal, maka dapat dipastikan bahwa pasien tersebut menderita penyakit diabetes atau gula darah tinggi.

Berikut terdapat kisaran mengenai kadar dari gula darah normal pada tubuh yaitu sebagai berikut :
  • Kadar gula darah normal sebelum makan. Kadar gula darah yang diukur sebelum pasien makan disebut sebagai kadar gula sebelum makan. Kadar gula sebelum makan ini dikatakan normal apabila memiliki nilai 70-130 mg/dl.
  • Dua jam setelah makan. Kadar gula darah yang diukur pada saat 2 jam setelah pasien makan dinamakan kadar gula darah dua jam setelah makan. Kadar gula dua jam seteah makan memiliki nitai yang normal yaitu kurang dari 180 mg/dl.
  • Setelah tidak makan atau puasa. Kadar gula darah yang diperiksa setela tidak makan atau puasa selama kurang lebih 8 jam. Normanya kadar tersebut bernilai kurang dari 100 mg/dl
  • Menjelang tidur. Kadar gula darah yang diukur pada saat menjelang tidur pasien disebut dengan kadar gula darah menjelang tidur. Normalnya gula darah ini mengandung kadar 100-140 mg/dl.

Kadar gula darah di dalam tubuh dapat dikontrol. Setidaknya kita mengontrol kadar gula darah terseut berada dalam batas normal. Apabila kadar gula darah berada dari kadar normal maka pada orang tersebut akan mengalami hipoglikemia, sedangkan apabila kadar gula darah dalam tubuh berada diatas normal maka akan berakibat hiperglikemia.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • alodokter.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :