Ciri-ciri Gula Darah Tinggi

Ciri-ciri gula darah tinggi sebenarnya merupakan ciri-ciri dari penyakit diabetes. Ciri-ciri gula darah tinggi atau diabetes ini dapat dirasakan apabila kadar gula darah yang dimilikinya tergolong tinggi yaitu melebihi kadar gula darah normal. Kadar gula darh yang tinggi memiliki ukuran atau kadar lebih dari 200 mg/dl. Ciri-ciri gula darah tinggi diantaranya sering merasa haus, sering merasa lapar, menurunnya fungsi saraf, menurunnya fungsi penglihatan, mudah merasa lelah, warna kulit menjadi gelap, berat badan yang menurun drastis, dan adanya luka yang sulit untuk sembuh.


Ciri-ciri Gula Darah Tinggi
Strip test gula darah easy touch

Ciri-ciri Gula Darah Tinggi yang Dirasakan Penderita Diabetes

Ciri-ciri gula darah tinggi yang dirasakan oleh penderita diabetes akan bervariasi. Pada masing-masing penderita mungkin akan merasakan beberapa ciri-ciri gula darah tinggi ini, bahkan ada yang tidak menyadari bahwa ciri-ciri gula darah tinggi yang dirasakan tersebut bukan mengarah pada suatu penyakit seperti penyakit diabetes mellitus. Pada umumnya penderita penyakit diabetes akan merasakan ciri-ciri gula darah tinggi berupa perasaan sering merasa haus, sering merasa lapar, menurunnya fungsi saraf, menurunnya fungsi penglihatan, mudah merasa lelah, warna kulit menjadi gelap, berat badan yang menurun drastis, dan adanya luka yang sulit untuk sembuh.

Sering merasa haus dapat dirasakan oleh penderita penyakit diabetes. Keadaan sring merasa haus ini terjadi dikarenakan pada penderita penyakit diabetes biasanya akan sering buang air kecil secara terus-menerus sehingga tubuh membutuhkan kembali pasokan cairan ke dalam tubuh. Hal ini akan terjadi dengan ditandai perasaan merasa haus tanpa ada sebab yang jelas. Namun apabila kita merasakan haus jelas ada sebabnya itu merupakan hal yang wajar, tetapi bila kita haus tanpa ada sebab yang jelas perlu dipertimbangkan tentang kemungkinan ke arah penyakit diabetes mellitus.

Perasaan sering merasa lapar dapat dirasakan oleh penderita penyakit diabetes. Penyebab dari adanya peraan sering merasa lapar ini disebabkan karena pengaruh kadar insulin di dalam tubuh. Selain itu penderita penyakit diabetes akan merasakan penurunan terhadap fungsi saraf. Penurunan fungsi saraf ini ditandai dengan adanya rasa sakit pada tungkai kaki dan juga sering merasa kesemutan. Bahkan juga dapat terjadi kehilangan fungsi saraf yang menyebabkan kita tidak merasakan apa-apa apabila kaki ditusuk dengan menggunakan jarum.

Melemahnya penglihatan dapat dialami oleh penderita penyakit diabetes. Melemahnya penglihatan ini dapat terjadi karena kadar gula dalam darah yang tinggi. Peningkatan kadar gula darah tersebut menyebar ke daerah lensa sehingga menyebabkan mata menjadi kurang fokus dan penglihatan sering kabur.

Merasa mudah lelah dapat dialami oleh penderita penyakit diabetes. Hal ini sering dianggap sebagai hal yang wajar terjadi, namun padahal gejala yang terjadi dapat merupakan awal dari penyakit diabetes. Selain mudah merasa lelah, ciri-ciri gula darah tinggi lainnya ialah warna kulit yang menjadi gelap. Warna kulit dapat menjadi gelap karena adanya respon tubuh terhadap insulin sehingga banyak menghasikan pigmen. Akibat hal ini terjadi, dapat terjadi bintik-bintik gelap yang terdapat di kulit yang biasanya terletak di daerah sekitar leher.

Pada penderita diabetes juga dapat terjadi gejala penurunan berat badan. Penurunan berat badan ini dapat terjadi walaupun tidak ada aktifitas fisik yang dilakukan. Kemudian gejala lainnya yang dapat terjadi adalah adanya luka yang susah sembuh. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan luka yang terjadi menjadi sulit untuk sembuh. Bahkan pada tingkat yang lebih parah luka ini dapat mengalami infeksi yang menyebabkan harus diamputasi.




Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • arjoena.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :