Cara Menurunkan Gula Darah

Cara menurunkan gula darah agar berada dalam kadar gula darah yang normal dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang rendah. Dengan cara seperti ini dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Meningat bahwa penyebab dari gula darah yang tinggi salah satunya ialah karena asupan makanan yang mengandung gula berlebih, maka cara menurunkan gula darah dengan mengkonsumsi makanan yang rendah gula pun dapat menjadi solusi pilihan.

Sangat berbahaya sekali apabila kadar gula darah di dalam tubuh meningkat dan terjadi hiperglikemi. Keadaan hiperglikemi yang terlalu lama sangat berpotensi sekali terhadap terjadinya penyakit diabetes mellitus. Sehingga untuk menghindari terjadinya penyakit diabetes mellitus ini, diperlukan suatu cara untuk menurunkan gula darah yang ada di dalam tubuh. Cara menurunkan gula darah dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengontrol asupan makanan. Tentunya asupan makanan yang dikontrol ini ialah makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Kita perlu membatasi asupan makanan yang mengandung gula tinggi untuk menghindari penyakit diabetes mellitus.


Cara Menurunkan Gula Darah
Alat cek gula darah Nesco Multichek GCU

 Strip cek gula darah Nesco 

Selain dengan mengontrol makanan, cara menurunkan gula darah juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah. Kedua cara ini dapat dilakukan bersamaan agar mendapatkan hasil yang optimal. Namun, disamping mengkonsumsi obat-obatan penurun gula darah dan mengontrol makanan, pemeriksaan kadar gula darah juga perlu dilakukan secara berkala untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh. Pemantauan kadar gula darah saat dilakukan cara menurunkan gula darah ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya hipotensi sebagai akibat dari memakan makanan yang mengandung rendah gula dan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula di dalam darah.

Cara Menurunkan Gula Darah melalui Kontrol Makanan

Cara menurunkan gula darah melalui kontrol makanan dilakukan dengan lebih selektif dalam memilih makanan untuk kita makan sehari-hari. Khususnya bagai orang-orang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, mengontrol makanan dapat menjadi cara menurunkan gula darah yang paling efektif dan aman dilakukan bila dikerjakan secara teratur.
Berikut terdapat beberapa makanan yang dapat di makan oleh penderita hiperglikemi dan dijadikan cara menurunkan gula darah yatu sebagai berikut :
  • Makanan yang terbuat dari gandum atau oatmeal. Makanan yang terbuat dari gandum atau oatmeal sangat dianjurkan terutama bagi penderita hiperglikemi. Oatmeal ini mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Setiap setengah cangkir oatmeal dapat menambah serat larut pada tubuh sebanyak 3 gram. Dan pada satu scahet oatmeal instan mengandung serat larut sebanyak 1 gram.
  • Buah-buahan. Buah-buahan sangat dianjurkan dijadikan sebagai cemilan bagi penderita hiperglikemi. Buah-buahan seperti apel, mangga, prem, kiwi, pir, beri hitam, strawberry, rapsberry, persik, aprikot, jeruk dan anggur merupakan buah-buahan yang mengandung serat dan dapat membantu dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi.
  • Buncis. Sayuran buncis ini dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Buncis yang dapat dikonsumsi dapat diolah dengan cara direbus. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buncis selain dengan cara direbus.
Masih banyak lagi makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita hiperglikemia sebagai cara menurunkan gula darah. Selain cara menurunkan gula darah dengan mengontrol makanan, juga dapat dibarengi dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi.



Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • alodokter.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :