Tips Membeli Alat Cek Gula Darah

Bagi anda yang sudah divonis terkena diabetes melitus atau penyakit gula darah, cara terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah adalah dengan mengukurnya setiap kali diperlukan. Cara yang paling hemat adalah memiliki sendiri alat cek gula darah tersebut. Secara umum alat cek gula darah digital terdiri dari dua jenis. Jenis pertama adalah single parameter yaitu hanya mengukur gula dalam darah saja, sedangkan jenis kedua multi parameter yaitu dapat mengukur lebih dari satu zat yang ada dalam darah misalnya kolestero dan asam urat. Dalam tulisan ini akan diberikan tips membeli alat cek gula darah yang tepat.


1. Alat cek multi parameter GCU (Glucosa, Cholesterol, Uric)

 Alat cek multi parameter GCU Easy Touch

Yaitu Alat cek gula darah kombinasi yang dapat mengukur asam urat, glucosa dan kolesterol dalam satu alat. Merk yang paling terkenal dengan harga yang relatif murah yaitu Nesco dan EasyTouch. Jika anda juga perlu mengukur asam urat dan kolesterol sebaiknya belilah alat ini.

cara menggunakannya juga cukup mudah, cukup mengganti chip dan strip sesuai yang akan diukur, hasilnya bisa langsung diketahui dengan seketika.

untuk mengukur kadar gula dan asam urat jumlah darah yang diperlukan hanya sedikit, tapi untuk mengukur kolesterol diperlukan jumlah yang lebih banyak, yaitu harus memenuhi keseluruhan tabung kapiler pada strip kolesterolnya.

2. Alat cek single parameter gula darah

Adalah alat cek darah yang hanya dapat mengukur satu zat dalam darah biasanya kadar gula atau glucosa saja. Contohnya Alat cek gula darah merk  Accu-cek Active yang hanya dapat mengukur kadar gula dalam darah.

 Alat cek gula darah Accu-chek

AGD (Alat cek gula darah) merk Accuchek saat ini diklaim sebagai alat yang paling canggih dan akurat serta direkomendasikan oleh para dokter. Alat ini hanya mengukur kadar gula darah saja, tidak dapat mengukur kolesterol dan asam urat seperti alat diatas.

Kelebihan alat ini adalah memberikan jaminan purna jual sampai dengan seumur hidup, jadi apabila alat yang anda beli mengalami kerusakan silahkan bawa ke dealer terdekat untuk mendapatkan klain garansinya.

Tips Membeli Alat Cek Gula Darah

Setiap anda membeli alat cek gula darah baru, dalam satu paketnya biasanya terdiri dari kelengkapan sebagai berikut :
1. Alat cek gula darah
2. Baterai
3. Alat lanset / lancing device
4. Jarum lanset / lancet needle
5. Test strip
6. Chip untuk kalibrasi alat cek gula darah
7. Buku manual
8. Buku atau lembaran garansi

Berikut ini akan kami bahas bagaimana mengelola kelengkapan diatas :

Pada saat anda membeli minta penjualnya untuk memasang baterai kemudian menyalakan alat tersebut. Meskipun jarang karena bisanya telah melewati proses QC, ada juga alat yang eror atau tidak nyala sama sekali pada saat diterima oleh konsumen.

Pastikan alat yang anda terima masih tersegel resmi dari pabrik untuk menghindari produk palsu. Biasanya produk yang asli dilindungi oleh segel atau halogram yang jika diterawang akan menunjukkan merk atau pabrik produk tersebut.

Bentuk dan ukuran baterai setiap merk berbeda jenis dan ukuranya. Ada yang menggunakan baterai bulat A3, ada juga yang menggunakan baterai yang digunakan pada jam tangan berbentuk bulat tipis terbuat dari stailess steel.

Pastikan pada saat anda membuka pertama kali kemasan alat cek gula darah yang dibeli baterainya dalam keadaan tidak terpasang. Hal ini sengaja dilakukan oleh pihak pabrik untuk menghindari terjadinya kebocoran baterai yang dapat mengakibatkan kerusakan pada unit alatnya.

Alat lanset / lancing device

yaitu alat yang digunakan untuk menusukkan jarum ke permukaan kulit (biasanya jari tangan) supaya keluar darah. Sebenarya jika anda tidak takut atau sudah terbiasa, alat ini tidak terlalu diperlukan. yang paling penting adalah didapatkan sampel darah yang cukup tanpa menyebabkan bekas luka menjadi infeksi.

Alat ini dapat dipergunakan berulang kali. Biasanya ada alat pengatur kedalaman jarum yang akan masuk ke bawah kulit. Semakin dalam semakin sakit dan sampel darah yang didapatkan semakin banyak. Biasanya tangan atau jari pekerja kasar membutukan kedalaman jarum yang lebih dalam dibandingkan anak perempuan. Selalu jaga kebersihan alat ini supaya tidak menimbulkan infeksi pada bekas luka pengambilan sampel tersebut.

Jarum lanset / lancet needle

Sesuai dengan namanya, jarum ini digunakan untuk melukai permukaan kulit dan sebagian kecil otot supaya keluar darah dengan jumlah yang cukup lalu digunakan untuk sampel pemerikasan kadar gula dalam darah.

Ada beberapa merk alat cek gula darah yang memiliki desain dan ukuran khusus sehingga tidak bisa digunakan pada alat dari merk yang lain. Namun ada juga merk tertentu yang merupakan barang umum dan banyak tersedia di pasaran.

Dalam menggunakan jarum ini pastikan ketika membeli semua jarum dalam keadaan steril, Dan yang paling penting satu jarum hanya boleh digunakan satu kali. Jangan menggunakan jarum yang sudah tidak steril misalnya yang sudah terbuka. Tujuannya untuk mencegah infeksi pada bekas luka.

Jangan menggunakan jarum bekas pakai orang lain karena dapat menyebabkan penularan berbagai macam penyakit.

Test strip

Ini adalah bagian terpenting dari set alat cek gula darah. Jika tidak ada test stripnya maka alat cek gula darah yang anda beli tidak dapat digunakan. Teset strip adalah alat disposible (sekali pakai buang) yang ditetesi sampel darah yang akan diukur.

Test strip gula merk Easy touch

Test strip asam urat merk Easy touch

Test strip gula merk Accu-chek

Setiap merk biasanya memiliki test strip dengan bentuk dan ukuran tertentu yang hanya bisa digunakan pada alat tersebut. Jadi misalnya test strip alat cek gula darah merk Accuchek hanya bisa dipergunakan pada mesin dengan mesin merk Accuchek juga.

Biasanya setiap pembelian test strip dalam satu cup atau box berisi 25 atau 50 buah strip dan didalamnya berisi pula satu buah chip. Chip ini digunakan sebagai semacam pengenal untuk strip yang ada di dalam cup tersebut. Sebelum menggunakan alat cek gula darah pastikan kode pada chip sesuai dengan kode yang tertera pada kemasan alat cek gula darah yang anda beli.

Chip untuk kalibrasi alat cek gula darah

Fungsi dari alat ini adalah untuk melakukan kalibrasi terhadap alat cek gula darah yang anda miliki. Tujuan kalibrasi adalah untuk selalu mendapatkan hasil yang akurat pada setiap pemeriksaan. Umumnya diperlukan kalibrasi setelah 5-10 kali pemeriksaah.

Cara melakukan kalibrasi juga cukup mudah yaitu cukup cukup dicolokkan ke alat testnya tunggu sekitar 5 detik sampai muncul kode tertentu pada layar. Lalu simpan kembali dan jangan sampai hilang karena secara rutin alat ini akan terus digunakan.

Jual Test Strip Alat Cek Gula Darah

TokoAlkes adalah Toko alat kesehatan dan kedokteran dengan izin resmi terdaftar di pemerintah (Kementerian kesehatan) tempat yang tepat untuk membeli alat cek gula darah berbagai tipe dan merk. Jika anda berdomisili di Bandung unjungi toko kami langsung ke :

TokoAlkes®

Jl. Pasir kaliki no. 239 B bandung (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin)

Telp : 0851 0117 9366, 022 2032522 Fax 022 2041315
SMS / WA : 0822 144 623 86 / 08112 2345 05

Jual alat cek gula darah online

Kami juga memiliki toko online yang melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Diamanapun domisili anda dapat membeli alat cek gula darah yang sesuai dengan kebutuhan, silahkan kunjungi toko online kami, pilih barang yang anda butuhkan, pembayaran melalui transfer bank lalu kami akan kirim secepatnya melalui jasa ekspedisi. Silahkan kunjungi toko online kami www.tokoalkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :