Cek Gula Darah

Cek gula darah secara rutin penting dilakukan bagi penderita diabetes. Hal ini perlu untuk menentukan diet atau jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh setiap hari. Kadar gula dalam darah tidak boleh terlalu rendah dan tidak boleh terlalu tinggi. Kadar gula darah yang terlalu tinggi disebut hiperglikemi sedangkan yang terlalu rendah disebut hipoglikemi, keduanya bisa berbahaya bagi manusia. Cara terbaik untuk mengetahui kadar gula dalam darah adalah mengukur menggunakan alat cek gula darah (glucometer). Setiap penderita diabetes sebaiknya memiliki alat cek gula darah ini.

Penyakit diabetes disebabkan karena tubuh tidak cukup atau tidak mampu menghasilkan insulin. Insulin adalah hormon yang membatu memasukkan glukosa atau gula kedalam sel. Glukosa adalah bahan bakar sel untuk menghasilkan energi. Fungsi lain dari insulin adalah mengatur jumlah atau kadar gula didalam darah.



Cek Gula Darah
 Glucometer merk Accu-chek

Cek Gula Darah
Glucometer merk Easy Touch

Alat cek gula darah

Saat ini ada banyak pilihan alat cek gula darah yang beredar di pasaran. pilihannya antara lain :

1. Alat cek gula darah Accucheck

Alat tes gula darah produk Amerika ini hanya dapat mengukur kadar gula darah saja. Jika tujuan anda membeli alat cek gula darah untuk mengukur gula saja alat ini paling direkomendasikan karena kualitas hasil pengukuran dan layanan purna jualnya.

Roche selaku distributornya di Indonesia menjanjikan garansi seumur hidup bahkan bisa diwariskan. Dengan dukungan distributor yang ada di seluruh Indonesia, klaim garansi maupun after sales servicenya juga mudah.

2. Alat cek gula darah GlucoDR

Alat cek gula darah merk GlucoDR ini hanya dapat mengukur kadar gula dalam darah saja. Merupakan salah satu brand yang paling terkenal di Indonesia yang paling direkomendasikan. Dengan dukungan distributor dan cabang di seluruh Indonesia layanan purna jualnya menjadi mudah. Distributornya memberikan garansi seumur hidup pada alat cek gula darah yang berasal dari negara Korea ini.

3. Alat cek gula darah Easytouch

Selain mengukur kadar gula dalam darah, alat tes gula darah Easy touch CGU ini juga dapat mengukur kolesterol dan asam urat. Alat ini disebut dengan GCU multicek yang dapat mengukur parameter lain dalam satu alat. Jadi sangat efisien karena anda tidak perlu membeli alat lain secara terpisah.

4. Alat cek gula darah Nesco

Seperti halnya Easy Touch, Nesco GCU adalah alat tes gula darah yang berasal dari negara taiwan. Salah satu variannya juga dapat mengukur 3 parameter dalam 1 alat yitu gula, kolesterol dan asam urat.

Gula darah normal

Standar normalnya adalah sebagai berikut :
  • Gula darah puasa minimal 8 jam 70 - 110 mm/dl
  • Gula darah sewaktu (tanpa puasa) dibawah 200 mm/dl


Apakah diabetes bisa disembuhkan ?

Jika pertanyaannya apakah diabetes dapat disembuhkan jawabannya sampai saat ini penyakit diabetes belum dapat disembuhkan. Namun penyakit ini dapat dikelola, artinya dengan perilaku dan tindakan tertentu penderita diabetes atau diabetesi dapat hidup normal dan bisa berkerja seperti biasanya.

Cara mengelola diabetes setiap penderita bisa berbeda beda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter secara rutin. Namun secara umum penderita diabetes harus selalu mengontrol kadar gula di dalam darahnya menggunakan alat cek gula darah atau glucometer.

Toko yang menjual alat tes gula darah

TokoAlkes®

Jl. Pasir kaliki no. 239B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung
  • Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522 fax 2041315
  • SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
  • BBM : 7F8B61CD / 52B65C54
Silahkan hubungi nomor telepon / SMS / WA / BBM diatas. Jika anda berdomisili di Bandung dan sekitarnya silahkan datang langsung ke alamat tersebut.




Terima kasih untuk Like/comment FB :